Tanda-tanda Kanker Kandung Kemih, Kaki Bengkak hingga Kencing Berdarah

ADVERTISEMENT

Tanda-tanda Kanker Kandung Kemih, Kaki Bengkak hingga Kencing Berdarah

Fadilla Namira - detikHealth
Selasa, 04 Okt 2022 21:44 WIB
Cropped image of beautiful young woman sitting on toilet. Her panties is hanging on her legs
Tanda-tanda Kanker Kandung Kemih (Foto: istock)
Jakarta -

Tanda-tanda kanker kandung kemih terbilang mengejutkan sejak awal perkembangannya. Sebab, ia membuat urine jadi berdarah sehingga mendorong kebanyakan orang untuk buru-buru melaporkannya kepada dokter.

Kandung kemih adalah organ berotot dan memiliki rongga di perut bagian bawah dengan fungsinya sebagai penampung urine dalam tubuh. Umumnya, pertumbuhan bibit kanker bermula di sel urothelial yang melapisi bagian dalam kandung kemih. Sel tersebut juga dapat ditemukan pada ginjal dan ureter.

Menurut laman National Health Service (NHS UK), sebagian besar kasus kanker kandung kemih tampaknya disebabkan oleh paparan zat berbahaya yang menyebabkan perubahan tidak wajar pada sel kandung kemih selama bertahun-tahun.

Asap tembakau dari rokok pun menjadi penyebab lazim dari penyakit ini. Diperkirakan lebih dari satu dari tiga kanker kandung kemih disebabkan oleh kebiasaan merokok.

Tanda-tanda Kanker Kandung Kemih

Dikutip dari American Cancer Society, urine yang bercampur dengan darah atau hematuria adalah tanda pertama kanker kandung kemih.

Ia muncul tidak dalam keadaan berwarna merah saja, tetapi mengubah warna urine menjadi oranye, merah muda, atau merah tua. Namun, tanda ini cenderung tidak stabil. Bisa saja hari ini muncul dan keesokan harinya tidak.

Biasanya, tahapan (stadium) awal kanker kandung kemih hanya memberikan rasa sakit ringan atau bahkan tidak sama sekali.

Selain itu, kanker kandung kemih dapat mengubah siklus buang air kecil pengidapnya karena iritasi. Perubahan tersebut meliputi:

  • Buang air kecil lebih sering dari biasanya.
  • Muncul rasa nyeri atau terbakar saat buang air kecil.
  • Kesulitan buang air kecil atau memiliki aliran urine yang lemah.
  • Buang air kecil berkali-kali di malam hari sampai-sampai mengganggu waktu tidur.

Tanda-tanda Kanker Kandung Kemih di Stadium Akhir

Pada tahap lanjut, tanda-tanda kanker kandung kemih kian parah karena sel kanker telah tumbuh besar dan menyebar ke organ lain. Adapun kondisinya, seperti:

  • Tidak bisa buang air kecil.
  • Nyeri punggung bawah di satu sisi.
  • Kehilangan nafsu makan dan berakibat pada penurunan berat badan.
  • Merasa cepat lelah.
  • Bengkak di kaki.
  • Sakit tulang.

Perlu diingat, tanda-tanda kanker kandung kemih tersebut tidak selalu mengindikasikan kanker. Hal ini lebih sering disebabkan oleh penyakit lain seperti infeksi, tumor jinak nonkanker, batu ginjal, Infeksi Saluran Kemih (ISK), atau gangguan ginjal lainnya. Tetap saja, penting untuk memeriksakannya ke dokter agar penyebabnya dapat ditemukan.



Simak Video "Benarkah Makanan Tertentu Bisa Picu Kanker Payudara?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT