Viral Suami Stimulasi ASI Istri dengan Isapan, Konselor Laktasi Kasih Koreksi

ADVERTISEMENT

Round Up

Viral Suami Stimulasi ASI Istri dengan Isapan, Konselor Laktasi Kasih Koreksi

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Rabu, 05 Okt 2022 05:00 WIB
A baby happy to be held by his father
Viral suami stimulasi ASI (Foto: Getty Images/iStockphoto/maroke)
Jakarta -

Sempat viral di media sosial video yang menceritakan pengalaman seorang ibu yang mendapat stimulasi payudara oleh suaminya agar ASI lancar. Dalam video tersebut, suami melakukan stimulasi dengan cara mengisap payudara istri secara langsung.

Namun, stimulasi ASI yang dilakukan suami dengan cara isapan ke payudara langsung, merupakan tindakan yang kurang tepat.

"Tidak boleh dilakukan. Hanya bayi yang tepat untuk proses menyusui," kata konselor laktasi dr Ameetha Drupadi, CIMI, kepada detikcom, Selasa (4/10/2022).

dr Ameetha menjelaskan hisapan pada bayi saat menyusui pada usia 0-2 tahun menggunakan 11 otot termasuk rahang atas, bawah, mulut, pipi, bibir, lidah, dan area lain di sekitarnya. Terjadi gerakan memerah areola dengan lidah bayi karena reflek hisap pada fase oral. Hal ini sama sekali berbeda dengan gerakan isapan dari orang dewasa.

Bagaimana suami membantu stimulasi ASI?

Menurut Lisna Fajriah, Amd.Keb seorang konselor laktasi di RS Hermina Bogor menyatakan bahwa suami dapat membantu menstimulasi istri dengan memberikan pijat laktasi yang dapat memperlancar ASI.

"Stimulasi payudara oleh suami tersebut tidak disarankan untuk menstimulasi pengeluaran ASI, karena yang tepat adalah isapan bayi yang efektif. Dengan isapan bayi teratur dan efektif akan menstimulasi pengeluaran ASI," ujarnya kepada detikcom, Selasa (4/10).

"Peran suami dapat dilibatkan dalam proses perawatan bayi, membantu stimulasi dengan pijat laktasi, membuat suasana hati ibu menjadi senang dan rileks," sambungnya.

NEXT: Penyebab ASI mampet dan tidak lancar



Simak Video "Bolehkah Penderita Kanker Payudara Berikan ASI untuk Bayi?"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT