Bukan Isap Payudara, Begini Cara Suami Bantu Istri Perlancar ASI

ADVERTISEMENT

Bukan Isap Payudara, Begini Cara Suami Bantu Istri Perlancar ASI

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Selasa, 04 Okt 2022 14:30 WIB
ilustrasi menyusui
Ilustrasi ibu menyusui. Foto: thinkstock
Jakarta -

Ibu menyusui bisa mendapatkan beberapa kendala dalam memberikan ASI pada si buah hati, seperti kondisi ketika ASI mampet dan tidak keluar. Belakangan, beredar video viral yang menceritakan pengalaman seorang ibu mendapatkan stimulasi payudara oleh suaminya agar ASI menjadi lancar. Dalam video tersebut, suami melakukan stimulasi dengan cara mengisap payudara istri secara langsung.

Menurut pakar laktasi dr Ameetha Drupadi, CIMI, mengisap payudara istri agar ASI menjadi lancar tidak tepat dilakukan.

"Tidak boleh dilakukan. Hanya bayi yang tepat untuk proses menyusui," ujarnya kepada detikcom, Selasa (4/10/2022).

"Stimulasi payudara atau mengisap puting oleh suami berbeda dengan bayi," tambahnya.

Menurut dr Ameetha, suami bisa membantu memberikan pijatan pada punggung istri agar saraf-saraf hormon oksitosin terangsang dan dapat memperlancar ASI.

"Suami dapat membantu memijatkan punggung ibu di mana di punggung ibu, terdapat titik-titik saraf hormon oksitosin yang dapat memperlancar ASI," jelas dokter yang berpraktek di RS Mayapada ini.

Senada dengan pendapat tersebut, Lisna Fajriah, Amd.Keb seorang konselor laktasi di RS Hermina Bogor menyatakan bahwa suami dapat membantu menstimulasi istri dengan memberikan pijat laktasi yang dapat memperlancar ASI.

"Peran suami dapat dilibatkan dalam proses perawatan bayi, membantu stimulasi dengan pijat laktasi, membuat suasana hati ibu menjadi senang dan rileks," katanya pada detikcom, Selasa (4/10).

Ia juga menegaskan, stimulasi suami dengan isapan langsung ke payudara tidak disarankan. Isapan yang dilakukan bayi lebih efektif menstimulasi ASI pada ibu menyusui.

"Stimulasi payudara oleh suami tersebut tidak disarankan untuk menstimulasi pengeluaran ASI, karena yang tepat adalah isapan bayi yang efektif. Dengan isapan bayi teratur dan efektif akan menstimulasi pengeluaran ASI," pungkasnya.



Simak Video "Ibu Menyusui Disarankan Hindari Konsumsi Obat Sirup"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT