Video Tragedi Kanjuruhan Viral, Waspada Dampaknya Bagi Kesehatan Mental

ADVERTISEMENT

Video Tragedi Kanjuruhan Viral, Waspada Dampaknya Bagi Kesehatan Mental

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Rabu, 05 Okt 2022 06:45 WIB
Protes dan cacian di tembok Stadion Kanjuruhan, Malang
Foto: (Foto: Deny Prastyo Utomo/detikJatim)
Jakarta -

Video detik-detik tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, yang menewaskan ratusan orang viral di media sosial. Banyak video yang beredar memperlihatkan situasi mencekam saat peristiwa tersebut terjadi.

Topik terkait tragedi Kanjuruhan yang menjadi duka di dunia sepak bola masih terus menjadi perbincangan netizen hingga saat ini. Walau tidak langsung terlibat dalam kejadian tersebut, terpapar video tragis juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental.

Hal ini terbukti saat kejadian 9/11 yang terjadi di Amerika Serikat. Insiden tersebut membuat banyak orang menjadi cemas dan ketakutan, termasuk mereka yang tidak terlibat atau melihat langsung kejadiannya.

Bahkan jika tidak terkena dampak langsung oleh tragedi, ada bukti bahwa menonton berulang kali dapat berdampak negatif pada kesehatan mental.

Dalam studi yang dipublikasikan The Journal of Anxiety Disorder, terlalu banyak terpapar dan melihat video tragis meningkatkan risiko PTSD.

"68 persen ibu dan 48 persen anak-anak dilaporkan mengalami PTSD karena menonton video tragis terkait kejadian," tulis laporan tersebut.

PTSD atau post-traumatic stress disorder adalah gangguan stres pascatrauma yang muncul setelah seseorang mengalami atau melihat peristiwa traumatis. Kondisi ini menyebabkan masalah yang signifikan dalam relasi sosial atau pekerjaan.



Simak Video "Penanganan Polisi Terhadap Massa di Kanjuruhan dari Kacamata Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT