Lesti Kejora Jalani Fisioterapi Usai Tulang Leher Geser, Ini Fungsinya

ADVERTISEMENT

Lesti Kejora Jalani Fisioterapi Usai Tulang Leher Geser, Ini Fungsinya

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Kamis, 06 Okt 2022 13:01 WIB
Lesti Kejora alami luka di bagian leher sehingga harus di-gips akibat dugaan KDRT suaminya, Rizky Billar
Lesti Kejora. Foto: (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Lesti Kejora mendapatkan penganiayaan dari suaminya, Rizky Billar, hingga membuat tulang lehernya bergeser. Dalam laporan yang dibuatnya ke polisi, Lesti Kejora mengaku dicekik dan dibanting ke kasur oleh suaminya.

Kabar terbaru menyatakan, Lesti sudah pulang setelah sebelumnya dirawat di rumah sakit. Lesti disebut tengah menjalani fisioterapi.

"Doain aja, dedek sedang fisio, fisioterapi. Cukup itu saja," kata Hetty Koes Endang salah satu orang terdekat Lesti Kejora di Studio Pagi Pagi Ambyar Trans TV, Rabu (5/10/2022).

Berbicara tentang penanganan tulang leher bergeser, spesialis orthopedi dr Luthfi Gatam, SpOT dari Eka Hospital BSD mengatakan jika cedera yang dialami seseorang bersifat ringan, penanganannya cukup dengan mengistirahatkan leher atau melakukan isometric exercise, yaitu pengetatan (kontraksi) otot atau kelompok otot tertentu. Bisa juga memakai soft collar dan melakukan fisioterapi, tetapi jika bergeser terlalu jauh, tindakan operasi perlu dilakukan.

"Ada juga yang pakai soft collar dan fisioterapi. Tapi kalau bergeser terlalu jauh, harus operasi," kata dr Luthfi saat diwawancarai detikcom, Selasa (4/10).

Lantas, apa sebetulnya fungsi umum dari fisioterapi?

Dikutip dari laman NHS UK, fisioterapi membantu memulihkan gerakan dan fungsi ketika seseorang terkena cedera, penyakit, atau kecacatan. Fisioterapi juga dapat membantu mengurangi risiko cedera atau penyakit di masa depan.

Dibutuhkan pendekatan holistik yang melibatkan pasien secara langsung dalam perawatan. Seorang fisioterapis akan mempertimbangkan perawatan tubuh secara keseluruhan, bukan hanya berfokus pada aspek individu dari cedera atau penyakit.



Simak Video "Membedah Bahasa Tubuh Lesti Kejora, Ayahnya dan Rizky Billar"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT