Fakta-fakta Gender Netral, Ramai Lagi gegara Nyla Anak Nadya Hutagalung

ADVERTISEMENT

Fakta-fakta Gender Netral, Ramai Lagi gegara Nyla Anak Nadya Hutagalung

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kamis, 06 Okt 2022 06:00 WIB
Nadya Hutagalung Terbiasa Meditasi buat Tenangkan Pikiran, Begini Potretnya
Nadya Hutagalung (Foto: Instagram @nadyahutagalung)
Jakarta -

Belakangan, warganet dibuat penasaran oleh pilihan gender netral Nyla, anak Nadya Hutagalung. Dalam sebuah postingan Instagramnya @nadyahutagalung pada 23 September lalu, Nadya menyebut Nyla dengan panggilan Alex.

"Wait. What?! Who is this human?! Where did my #lilchick go?! Even though I see Alex ( Nyla ) EVERYDAY. Suddenly, after lunch this individual appeared in front of me. In fact, I don't think I even saw this person, only my camera did," tulis Nadya, dilihat detikcom Rabu (5/10/2022).

"Mereka (they) ingin nama yang lebih gender netral," tulis Nadya dalam bahasa Inggris ketika menjawab pertanyaan warganet soal perubahan nama putrinya.

Apa Itu Gender Netral?

Gender netral disebut juga sebagai non-biner. Terkait definisinya, gender netral merujuk pada seorang yang tidak mengidentifikasi dirinya sebagai laki-laki maupun perempuan.

Ini berbeda dengan biner, yakni identitas gender yang merujuk pada jenis kelamin seseorang. Hal ini diungkapkan oleh CSE officer Rutgers Sanyulandy Leowatu, SKM, M.Sexol.

"Biner atau non-biner ini adalah identitas gender seseorang, artinya bagaimana seseorang merasakan dirinya sendiri terhadap gendernya," katanya kepada detikHealth, Minggu (21/8/2022).

Umumnya, identitas gender seseorang sejalan dengan jenis kelamin saat mereka lahir. Orang juga sering menganggap identitas gender sebagai biner, yakni pria atau wanita.

Namun, beberapa orang mungkin tidak dapat mengkonseptualisasikan identitas gender mereka dalam istilah biner. Ia juga menegaskan bahwa non-biner ini tidak sama dengan orientasi seksual, sebab keduanya memiliki terminologi yang berbeda.

"Dia tidak masuk dalam pengkategorian biner, tidak secara eksklusif maskulin atau feminim," kata Sanyu.

"Non-biner ini bukan orientasi seksual, itu identitas gender," sambungnya.

Selain netral dan non-biner, dikutip dari Medical News Today istilah lain yang digunakan untuk menyebut ini seperti jenis kelamin netral, null-gender, dan tanpa gender.

Kenapa Ada Istilah Gender Netral?

Menurut psikiater dr Lahargo Kembaren, SpKJ dari RSJ Marzoeki Mahdi Bogor, ada beberapa faktor yang mempengaruhi identitas gender seseorang. Faktor pertama adalah biologis.

"Itu pertama faktor biologis, memang secara kromosom atau secara genetik mempengaruhi seksualitasnya, kedua faktor psikologis, mental kejiwaan seseorang, pikiran, mood, dan perasaan yang bersangkutan bisa mempengaruhi," jelasnya pada detikcom, Senin (22/8/2022)

Selain itu, faktor kehidupan sosial juga bisa berpengaruh. Misalnya, hubungan dengan orang-orang atau komunitas tertentu yang memiliki pemikiran dan identitas serupa, yang bisa mendorong seseorang untuk menentukan identifikasi gendernya.

Faktor lainnya bisa berupa emosi, nilai dan norma, hingga aspek spiritualitas juga dapat berpengaruh pada keragaman identitas seksual hingga gender.

"Misalnya seperti apa sih kaidah yang dia pegang, kenapa dia bisa netral, atau lebih maskulin, lebih feminin? Itu bisa jadi dari bacaan-bacaan yang dia dapatkan, dari pengetahuan, dari orang lain yang berbicara mungkin," jelas dr Lahargo.

"Juga ajaran agama yang dia percaya itu mengizinkan nggak ya dia seperti itu, boleh nggak ya dia seperti itu," lanjutnya.

NEXT: Beda Gender Netral dengan Androgini hingga Panseksual



Simak Video "Demi Lovato Umumkan Diri Sebagai Non-Biner, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT