Putri Nadya Hutagalung Gender Netral, Apa Bedanya dengan Panseksual-Androgini?

ADVERTISEMENT

Putri Nadya Hutagalung Gender Netral, Apa Bedanya dengan Panseksual-Androgini?

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Rabu, 05 Okt 2022 13:30 WIB
anak Nadya Hutagalung.
Putri Nadya Hutagalung. Foto: Instagram (@nadyahutagalung)
Jakarta -

Putri Nadya Hutagalung yang bernama Nyla, disebut memilih bergender netral. Belakangan, seperti terlihat di instagram @nadyahutagalung, Nadya Hutagalung memanggil putrinya tersebut dengan nama panggilan baru 'Alex'.

"Mereka (they) ingin nama yang lebih gender netral," tulis Nadya dalam bahasa Inggris ketika menjawab pertanyaan warganet soal perubahan nama putrinya.

Secara umum, istilah non-biner atau gender netral merujuk pada identitas gender seseorang yang tidak mengidentifikasikan dirinya sebagai perempuan maupun laki-laki.

"Biner atau non-biner ini adalah identitas gender seseorang, artinya bagaimana seseorang merasakan dirinya sendiri terhadap gendernya," kata CSE officer Rutgers Sanyulandy Leowalu, SKM, M.Sexol, kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Seringkali, perihal identitas gender dikaitkan erat dengan istilah ekspresi gender dan orientasi seksual. Beberapa yang diketahui yakni androgini sampai panseksual. Adakah perbedaan di antara istilah tersebut?

Androgini

Menurut Sanyu, androgini merupakan ekspresi gender dengan karakteristik tertentu. Bisa jadi mereka tampak feminim atau maskulin, di luar identitas gender mereka. Ia menggarisbawahi bahwa androgini tidak terkait dengan orientasi seksual.

"Kalo identitas gender kan bagaimana mengidentifikasi diri kita kan, kalo androgini itu bagaimana persepsi diri orang waktu melihat diri kita," paparnya.

NEXT: Apa itu Panseksual?



Simak Video "Demi Lovato Umumkan Diri Sebagai Non-Biner, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT