Putri Nadya Hutagalung Putuskan Bergender Netral, Apa Sih Itu? Ini Kata Pakar

ADVERTISEMENT

Putri Nadya Hutagalung Putuskan Bergender Netral, Apa Sih Itu? Ini Kata Pakar

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Rabu, 05 Okt 2022 11:32 WIB
anak Nadya Hutagalung.
Nadya Hutagalung dan putrinya. Foto: Instagram @nadyahutagalung
Jakarta -

Nadya Hutagalung diketahui memiliki seorang anak perempuan bernama Nyla. Belakangan, Nadya memanggil putrinya dengan panggilan Alex, yang membuat warganet penasaran.

Melalui instagramnya @nadyahutagalung, pada 23 September lalu, ia mengunggah foto putrinya dan menyebut Nyla dengan panggilan Alex.

"Wait. What?! Who is this human?! Where did my #lilchick go?! Even though I see Alex ( Nyla ) EVERYDAY. Suddenly, after lunch this individual appeared in front of me. In fact, I don't think I even saw this person, only my camera did," tulis Nadya, dilihat detikcom Rabu (5/10/2022).

"Mereka (they) ingin nama yang lebih gender netral," tulis Nadya dalam bahasa Inggris ketika menjawab pertanyaan warganet soal perubahan nama putrinya.

Terkait definisi gender netral atau non-biner, CSE officer Rutgers Sanyulandy Leowalu, SKM, M.Sexol mengatakan istilah tersebut merujuk pada seseorang yang tidak mengidentifikasi dirinya sebagai laki-laki maupun perempuan. Artinya, non-biner berbeda dengan biner atau identitas gender yang merujuk pada jenis kelamin antara laki-laki atau perempuan.

"Biner atau non-biner ini adalah identitas gender seseorang, artinya bagaimana seseorang merasakan dirinya sendiri terhadap gendernya," katanya kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Umumnya, identitas gender seseorang sejalan dengan jenis kelamin yang ditetapkan pada mereka saat lahir. Orang juga sering menganggap identitas gender sebagai biner: pria atau wanita. Namun, beberapa orang mungkin tidak dapat mengkonseptualisasikan identitas gender mereka dalam istilah biner.

"Dia tidak masuk dalam pengkategorian biner, tidak secara eksklusif maskulin atau feminim," sambung Master of Sexology dari Curtin University ini.

Namun Sanyu menegaskan non-biner ini tidak sama dengan orientasi seksual. Keduanya memiliki terminologi yang berbeda.

"Non-biner ini bukan orientasi seksual, itu identitas gender," pungkasnya.



Simak Video "Demi Lovato Umumkan Diri Sebagai Non-Biner, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT