13 Oktober 2022 Hari Apa? Nggak Cuma No Bra Day Lho Ternyata

ADVERTISEMENT

13 Oktober 2022 Hari Apa? Nggak Cuma No Bra Day Lho Ternyata

Fadilla Namira - detikHealth
Kamis, 06 Okt 2022 04:43 WIB
October 13 written on a calendar to remind you an important appointment.
Tanggal 13 oktober hari apa sih? (Foto: Getty Images/iStockphoto/XtockImages)
Jakarta -

Tanggal 13 Oktober hari apa sih? Biasanya, diperingati tiap tahun sebagai no bra day alias hari tanpa bra. Tapi tahun ini bukan itu saja, 13 Oktober 2022 juga hari penglihatan sedunia atau World Sight Day.

Ngomong-ngomong, tahukah kamu dari mana asal-usul kedua peringatan ini? Daripada penasaran simak penjelasannya lebih lanjut.

Hari Tanpa Bra Sedunia

Hari Tanpa Bra Sedunia atau No Bra Day digalakan pada 13 Oktober setiap tahunnya. Hal ini bukan semata-mata jadi konten negatif untuk memamerkan payudara secara bebas. Lebih dari itu, tujuannya untuk memberikan kesadaran pada perempuan di seluruh dunia terkait bahaya kanker payudara.

Dikutip dari National Today, peringatan ini sebenarnya berasal dari tagar yang dibuat oleh Anastasia Donuts (nama samaran) di situs webnya pada Hari Bra Dunia. Sebelumnya, Hari Bra Dunia sudah diselenggarakan terlebih dahulu pada 19 Oktober 2011 dan diusulkan oleh Dr. Mitchell Brown di Toronto, Kanada dengan tujuan yang sama.

Tiga tahun kemudian, kedua peringatan tersebut digabungkan dan diputuskan pelaksanaannya pada 13 Oktober sebagai memorandum Bulan Peduli Kanker Payudara Nasional.

Jadi, aksi ini memang dikhususkan bagi perempuan untuk meningkatkan kesadarannya terhadap kesehatan payudara. Tanpa BH, wanita jadi lebih leluasa memeriksa kondisi payudaranya guna mendeteksi dini penyakit berbahaya, terutama kanker.

Hari Penglihatan Sedunia 2022

Hari Penglihatan Sedunia tahun ini jatuh pada 13 Oktober bersamaan dengan No Bra Day. Peringatan tersebut jadi kampanye tahunan global tentang kesehatan mata yang dikepalai langsung oleh organisasi pencegahan kebutaan dunia atau International Agency for the Prevention of Blindness (IAPB).

Dikutip dari World Health Organization (WHO), jelang peringatan tahunan ini mereka telah meluncurkan laporan pertama dari target 2030 tentang prevalensi perawatan mata di Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Target tersebut berupa 30 persen peningkatan cakupan operasi katarak dan 40 persen peningkatan cakupan kesalahan refraksi yang efektif.

#LoveYourEyes atau 'Cintai Matamu' adalah tema lanjutan yang diutus oleh IAPB di Hari Penglihatan Sedunia 2022. Tema ini bertujuan mengajak setiap orang untuk menjaga kesehatan mata mereka. Selain itu, gerakan ini membantu mewujudkan rasa empati kepada lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia yang mengalami gangguan penglihatan dan tidak memiliki akses ke layanan perawatan mata.

National Today melalui lamannya menulis Hari Penglihatan Sedunia bermula dari aksi sosial bertema 'SightFirst' yang dibentuk oleh organisasi layanan bantuan bernama The Lion Clubs pada 1990. Lalu di tahun berikutnya, organisasi tersebut dan dibantu oleh IAPB mengumumkan bahwa setiap Kamis kedua Oktober diperingati sebagai Hari Penglihatan Sedunia. Kampanye itu membawa respons positif dan menarik perhatian publik tentang pentingnya mengikuti praktik yang aman untuk mencegah kebutaan dan masalah lain terkait penglihatan.

Mari ikut ramaikan gerakan Hari Penglihatan Sedunia 2022 dengan membagi informasi faktual tentang kesehatan mata dan memasang foto menggunakan twibbon yang telah dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber berikut ini:

Saksikan juga Blak-blakan Anies Baswedan: Dari Jerat Formula E Hingga Cari Sosok Cawapres

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT