Penyebab Kanker Paru, Penyakit yang Jadi Alasan M Taufik Mundur dari Gerindra

ADVERTISEMENT

Penyebab Kanker Paru, Penyakit yang Jadi Alasan M Taufik Mundur dari Gerindra

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Kamis, 06 Okt 2022 15:30 WIB
M Taufik di Seknas BPN Prabowo-Sandiaga, Jakarta, 6 Mei 2019.
Foto: M Taufik di Seknas BPN Prabowo-Sandiaga, Jakarta, 6 Mei 2019. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan pengunduran diri M Taufik dari partainya dikarenakan tengah perawatan penyakit kanker paru. Ia menyatakan, pengunduran diri M Taufik tak ada hubungan dengan Anies Baswedan yang diusung NasDem sebagai capres 2024.

Selain mundur sebagai kader Gerindra, M Taufik, kata Riza, juga mengundurkan diri dari anggota DPRD DKI Jakarta.

"Alhamdulillah, kami baru terima surat dari Pak Taufik bahwa yang bersangkutan mengundurkan di dari partai Gerindra dan anggota DPRD," kata Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (6/10/2022).

"Beliau perlu waktu untuk perawatan, beliau sakit ya. Ada kanker paru yang sudah sampai ke kaki. Mari kita doakan supaya lekas sembuh," sambungnya.

Apa penyebab penyakit kanker paru?

Kanker paru-paru terjadi saat sel-sel abnormal tumbuh di dalam organ paru-paru. Ini adalah salah satu penyakit kanker yang banyak diidap oleh masyarakat dunia.

Berdasarkan laman resmi CDC Amerika Serikat, merokok adalah penyebab nomor satu kanker paru-paru. Kanker paru-paru juga dapat disebabkan oleh penggunaan tembakau jenis lain (seperti pipa atau cerutu) dan paparan asap rokok.

Beberapa penyebab lain meliputi akibat terpapar zat seperti asbes atau radon di rumah atau tempat kerja, dan memiliki riwayat keluarga kanker paru-paru.

Untuk menurunkan risiko terkena kanker paru-paru, hindari merokok, hindari paparan asap rokok, dan lakukan tes radon di rumah Anda.



Simak Video "Verawaty Fajrin Meninggal karena Kanker Paru, Apa saja gejalanya?"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT