Update COVID-19 RI 6 Oktober: 1.831 Kasus Baru, Meninggal 12

ADVERTISEMENT

Update COVID-19 RI 6 Oktober: 1.831 Kasus Baru, Meninggal 12

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Kamis, 06 Okt 2022 16:01 WIB
Exit tes PCR cukup dilakukan satu kali sebagai penentu sembuh dari COVID-19. Bagaimana ketentuan yang diatur Kemenkes?
ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/scaliger)
Jakarta -

Jumlah kasus konfirmasi positif COVID-19 di Indonesia bertambah 1.831, Kamis (6/10/2022). Sementara itu jumlah pasien sembuh bertambah 1.715, dan meninggal 12.

Belakangan beredar narasi pandemi COVID-19 di Indonesia akan berakhir. Sebagaimana disampaikan Presiden RI Joko Widodo, pandemi COVID-19 Indonesia akan selesai sebentar lagi. Namun begitu, Guru Besar Mikrobiologi di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) Prof dr Amin Soebandrio, PhD, SpMK(K) memberikan catatan perihal risiko yang bisa timbul bahkan setelah status pandemi COVID-19 dicabut dan beralih menjadi endemi.

"Sebetulnya kesiapan kita sudah sejak awal pandemi. Sejak awal pandemi, kita berharap pandemi akan segera berakhir. Tapi intinya bahwa yang harus mempersiapkan diri terhadap perubahan pandemi ke endemi itu tidak hanya pemerintah, tapi juga masyarakat serta fasilitas dan tenaga kesehatan," ujarnya dalam siaran langsung BNPB, Rabu (5/10/2022).

"Karena mungkin pandemi COVID-19 akan berakhir, tapi ada satu kemungkinan patogen atau virus lain serupa. Artinya, turunannya Omicron atau misalnya mutasi dan sebagainya, yang kemudian menyebabkan istilahnya 'muncul kembali'," sambung Prof Amin.



Simak Video "Seputar Virus Covid-19 yang Diyakini Buatan Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT