Bercinta di Pagi Hari Lebih Cepat Hamil? Ini Faktanya

ADVERTISEMENT

Bercinta di Pagi Hari Lebih Cepat Hamil? Ini Faktanya

Nurul Febian Danari - detikHealth
Jumat, 07 Okt 2022 05:01 WIB
Ilustrasi seks/pasangan
Morning sex (Foto: Getty Images/iStockphoto/Lordn)
Jakarta -

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan serta menambah semangat sebelum beraktivitas, bercinta di pagi hari ternyata juga bisa memperbesar peluang kehamilan. Kadar testosteron pada pria memuncak di pagi hari, sehingga ketika bercinta kemungkinan pembuahan akan lebih besar.

Dikutip dari Fatherly, seorang dokter kandungan dan ahli endokrinologi reproduksi di Neway Fertility, Amerika Serikat, Daniel Kort, M.D mengatakan bahwa potensi kesuburan lebih mungkin terjadi saat bercinta di pagi hari pada sebagian orang.

Menurut dr Kort, bahwa ada sejumlah alasan mengapa seks pagi merupakan waktu yang baik untuk hamil. Secara ilmiah, sebagian besar hormon seks pria memuncak di pagi hari.

Menariknya, seks di pagi hari tetap bisa membantu pasangan untuk hamil meskipun jendela ovulasi relatif pendek. Sperma umunya membuahi sel telur dalam waktu 72 jam setelah bercinta. Ketika jendela ovulasi lebih pendek dari 72 jam, bercinta di pagi hari berpeluang menangkap waktu ujung ovulasi yang mungkin berakhir sebelum tidur.

"Dalam kasus tersebut, hal itu menguntungkan pria yang melakukan hubungan seks pagi hari, hanya dari perspektif waktu, hingga waktu sekitar ovulasi. Sebagian wanita berovulasi lebih dekat ke pagi hari dan itu mungkin membantu (untuk hamil)," kata dr Kort.

Potensi kehamilan ini tentu perlu perencanaan yang bervariasi. Tak hanya memilih waktu yang tepat, perlu rencana alternatif untuk memperbesar peluang kehamilan. Selain itu, perlu cek kesehatan dan kondisi seksual pasangan.



Simak Video "Cegah Cacar Monyet, WHO Minta Masyarakat Hindari Seks Bebas"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT