Heboh Ditarik Singapura, Mie Sedaap Pastikan Tak Ada Etilen Oksida di Produknya

ADVERTISEMENT

Heboh Ditarik Singapura, Mie Sedaap Pastikan Tak Ada Etilen Oksida di Produknya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Jumat, 07 Okt 2022 14:52 WIB
Woman preparing instant noodle on plate in kitchen
Foto ilustrasi: iStock
Jakarta -

Singapura menarik dua varian mi instan dari Mie Sedaap yakni Mie Sedaap Korean Spicy Soup dan Mie Sedaap Korean Spicy Chicken dari peredaran. Kedua produk ini ditarik terkait temuan kandungan etilen oksida (EtO) di dalamnya.

Menanggapi hal ini, perusahaan dari Mie Sedaap yakni Wings Group Indonesia angkat bicara. Berdasarkan keterangan yang diterima detikcom, Mie Sedaap memastikan bahwa tidak ada penggunaan EtO pada produknya.

"Mie Sedaap memastikan tidak ada penggunaan etilen oksida (EtO) dan telah memenuhi standar keamanan pangan sehingga aman untuk dikonsumsi," ujar Head of Corporate Communications & CSR WINGS Group Indonesia Sheila Kansil, dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Kamis (6/10/2022).

Pihaknya memastikan bahwa produk Mie Sedaap yang selama ini beredar di Indonesia telah memenuhi standar wajib ekspor. Ini termasuk dalam kandungan produk, pengemasan, hingga pelabelan.

Menurut mereka, komitmen ini suda berlaku hingga bertahun-tahun sejak produk Mie Sedaap beredar di Indonesia.

"Upaya untuk tunduk pada peraturan yang berlaku ini merupakan komitmen Mie Sedaap yang sudah diproduksi dan beredar hampir 20 tahun di Indonesia," tulis keterangan tersebut.

Sebelumnya, Badan Pangan Singapura (SFA) menemukan adanya kandungan etilen oksida pada kedua produk tersebut. Sesuai dengan aturan makanan di Singapura, EtO ini diizinkan untuk sterilisasi rempah-rempah, dan tidak boleh melebihi Batas Maksimum Residu (MRL) yakni 50 mg/kg.

"Etilen oksida adalah pestisida yang tidak diizinkan untuk digunakan dalam makanan," ucap SFA seperti dikutip dari CNA, Kamis (6/10/2022).

Tak hanya Singapura, Otoritas keamanan pangan Hong Kong atau Centre for Food Safety (CFS) juga menarik dua varian mi instan tersebut. Hal ini juga disebabkan adanya temuan etilen oksida dalam kedua produk tersebut.



Simak Video "2 Produk Mie Sedaap Ditarik Lagi di Singapura"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT