Ngeri, Kisah Wanita Kehilangan Bola Mata gegara Pakai Lensa Kontak saat Mandi

ADVERTISEMENT

Ngeri, Kisah Wanita Kehilangan Bola Mata gegara Pakai Lensa Kontak saat Mandi

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Jumat, 07 Okt 2022 16:30 WIB
Ilustrasi kontak lensa
Ilustrasi lensa kontak. Foto: Getty Images/iStockphoto/dimid_86
Jakarta -

Seorang wanita di Inggris, Marie Manson (54), mengalami nasib nahas. Ia harus merelakan satu bola matanya diangkat akibat infeksi parasit. Marie terkena infeksi di mata kirinya setelah parasit yang ditemukan di air keran, masuk di antara lensa kontak dan kornea matanya.

Awalnya Marie merasakan ada sesuatu yang tersangkut di matanya. Ia lalu merasakan penglihatannya memburuk, hingga pergi ke ahli optik untuk pemeriksaan. Pihak rumah sakit mengatakan Marie terinfeksi parasit acanthamoeba yang hidup di dalam matanya dan menyebabkan kondisi acanthamoeba keratitis (AK).

Acanthamoeba keratitis (AK) adalah infeksi berupa peradangan pada kornea mata. Kondisi ini terjadi ketika parasit acanthamoeba terperangkap di antara kornea dan lensa kontak.

Marie diketahui terbiasa memakai lensa kontak saat mandi. Karena infeksi parasit ini dapat ditemukan di air keran, tim medis meyakini di situlah awal mula matanya terinfeksi.

Setelah lima tahun mencoba berbagai jenis pengobatan dan serangkaian operasi yang gagal termasuk tiga transplantasi kornea, Marie harus merelakan matanya diangkat.

"Saya harus berhenti bekerja, karena saat itu saya bekerja di dapur di sebuah sekolah, dan saya harus menggunakan obat tetes mata setiap setengah jam, sehingga tidak berhasil karena sangat menyakitkan," ucap Marie dikutip dari The Sun, Jumat (7/10/2022).

Marie sekarang menyerukan peringatan soal pemakaian lensa kontak atas risiko kontaminasi. Dia percaya, harus memperingatkan pengguna untuk tidak memakai lensa kontak di kamar mandi.

Apa itu keratitis?

Dikutip dari WebMD, keratitis adalah peradangan yang menyakitkan pada kornea. Dokter terkadang menyebutnya 'ulkus kornea'. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh cedera atau infeksi.

Salah satu penyebabnya adalah infeksi parasit acanthamoeba. Ini merupakan mikroorganisme yang hidup hampir di mana-mana seperti di udara, tanah, dan air. Parasit ini tidak berbahaya pada umumnya tapi berisiko menyebabkan infeksi mata, terutama jika memakai lensa kontak.



Simak Video "Kata Menkes soal WHO Tetapkan Covid-19 Jawa-Bali Level 2"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT