Awas Vapers Bisa Kena Kerusakan Paru 'Popcorn Lung', Kondisi Apa Itu?

ADVERTISEMENT

Awas Vapers Bisa Kena Kerusakan Paru 'Popcorn Lung', Kondisi Apa Itu?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Jumat, 07 Okt 2022 10:41 WIB
popcorn lung
Kondisi 'popcorn lung', bahaya yang mengintai pengguna vape. (Foto: Canadian Medical Association Journal)
Jakarta -

Vape atau rokok elektrik kini digandrungi banyak kalangan, mulai dari remaja hingga dewasa. Sebagian orang mulai beralih ke vape, karena dianggap tak berbahaya daripada rokok konvensional.

Namun, nyatanya vape juga bisa memicu risiko kesehatan yang serius. Misalnya seperti paru-paru kolaps hingga kondisi langka yakni 'popcorn lung'.

'Popcorn lung' adalah sebutan untuk kondisi penyakit bronkiolitis obliterans. Kondisi langka ini menyebabkan saluran udara di paru mengecil, sehingga menyebabkan batuk dan napas pendek.

Kaitan 'Popcorn lung' dan Vape

Kondisi 'popcorn lung' ini disebabkan cairan vape atau rokok elektrik yang mengandung penambah rasa diasetil, yang biasanya ditambahkan pada makanan untuk menghasilkan mentega. Faktanya, zat ini menjadi lebih berbahaya jika dipanaskan dan dihirup.

Gejala 'Popcorn lung'

Dikutip dari WebMD, gejala utama dari 'popcorn lung' adalah batuk kering dan sesak napas. Kondisi ini akan muncul antara 2 minggu atau 2 bulan setelah terpapar zat berbahaya tersebut.

Jika merasa lelah tanpa sebab yang pasti atau mengi meski tidak menderita asma atau pilek, itu juga bisa menjadi gejala bronkiolitis obliterans.

Beberapa waktu lalu, seorang remaja berusia 17 tahun asal Kanada mengidap kondisi langka 'popcorn lung' ini. Ia dilaporkan mengalami batuk yang persisten, yang muncul bersamaan dengan demam serta sulit bernapas.

Menurut laporan dari NBC News, fungsi paru remaja tersebut memburuk dengan cepat dan harus menggunakan ventilator. Menurut dokter, kasus yang dialami remaja itu sangat jarang, sehingga membutuhkan transplantasi. Ini dilakukan karena kerusakan parunya sudah sangat parah.



Simak Video "Bahaya Vape Vs Rokok"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT