8 Makanan Pembersih Darah Kotor, Boleh Dicoba buat Bikin Tubuh Tetap Fit!

ADVERTISEMENT

8 Makanan Pembersih Darah Kotor, Boleh Dicoba buat Bikin Tubuh Tetap Fit!

Alethea Pricila - detikHealth
Sabtu, 08 Okt 2022 18:07 WIB
Sejumlah warga di Jakarta mendonorkan darahnya di PMI DKI. Kegiatan donor darah itu bertepatan dengan Hari Donor Darah Sedunia yang diperingati tiap 14 Juni.
Ilustrasi darah. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Darah di tubuh manusia berperan penting dalam mengangkut oksigen, hormon, gula, lemak, sel ke sistem kekebalan tubuh. Semakin besar tubuh seseorang, semakin banyak darah yang ada dalam tubuhnya. Namun, seiring banyaknya aktivitas yang dilakukan manusia, racun yang berasal dari polusi dan jenis makanan tertentu akan masuk ke tubuh.

Tak hanya itu, hati dan ginjal juga membantu darah membuang makanan dan racun pada tubuh. Maka dari itu, seseorang dapat memaksimalkan dengan melakukan detoks yang bertujuan untuk meningkatkan kekebalan dan membuang racun dalam tubuh. Ini makanan yang disarankan untuk membersihkan darah kotor.

1. Bluberi

Buah ini padat nutrisi dan dipenuhi antioksidan yang bisa membersihkan darah secara alami. Hal ini membuat buah ini bisa mencegah oksidasi sel darah sehat dan pembentukan sel kanker hati.


2. Brokoli

Sayuran ini dipercaya bisa membersihkan darah dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Antioksidan yang ada dalam brokoli bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan. Mengkonsumsi brokoli secara teratur menjadi cara untuk detoksifikasi darah. Sayuran ini kaya akan vitamin C, kalsium, asam lemak omega 3 hingga glukosinolat.

3. Bawang Putih

Mengonsumsi bawang putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sifat anti-inflamasi yang ada dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Memiliki tekanan darah yang tinggi bisa membahayakan pembuluh darah di ginjal. Melalui konsumsi bawang putih dapat membantu mengontrol tekanan darah tersebut.

4. Ikan

Jenis ikan tertentu seperti salmon, tuna, atau sarden kaya akan asam lemak omega 3 yang telah terbukti bisa membersihkan darah. Asam lemak omega 3 bisa menurunkan kadar trigliserida (jenis lemak yang mengalir di darah) serta menurunkan tekanan darah.

Tonton juga, Sudut Pandang: Di Balik Tewasnya 131 Aremania

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT