8 Makanan Pembersih Usus Beserta Manfaatnya, Termasuk Atasi Sembelit

ADVERTISEMENT

8 Makanan Pembersih Usus Beserta Manfaatnya, Termasuk Atasi Sembelit

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Minggu, 09 Okt 2022 08:03 WIB
woman with colorectal cancer concept on the pink backgorund
Makanan pembersih usus kotor. (Foto: Istock)
Jakarta -

Usus menjadi salah satu organ tubuh yang penting untuk dijaga kebersihannya. Jika usus tidak bersih akan menjadi tempat pertumbuhan bakteri yang bisa memicu banyak penyakit, salah satunya konstipasi atau sembelit.

Menurut ahli mikroba usus dan ahli gizi fungsional, Janvi Chitalia, sembelit bisa menyebabkan ketidakseimbangan dalam sistem tubuh seperti reabsorpsi vitamin dan mineral di usus besar. Selain itu, kondisi ini juga bisa menyebabkan perubahan suasana hati, ketidakseimbangan hormon, migrain, gangguan kulit, hingga penyakit autoimun.

"Maka dari itu dibutuhkan makanan untuk membersihkan usus besar. Selain menjaga kebersihan usus, ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan usus secara keseluruhan," kata Chitalia yang dikutip dari Healthshot, Sabtu (8/10/2022).

Berikut 8 makanan pembersih usus beserta manfaatnya masing-masing:

1. Sayuran Hijau

Makanan pembersih usus satu ini sangat baik untuk menenangkan saraf usus, terlebih untuk penderita sindrom iritasi usus. Sayuran hijau ini tinggi magnesium, sehingga sangat baik untuk menjaga usus besar tetap sehat.

2. Oat dan Apel

Serat larut seperti oat dan apel sangat membantu untuk melembabkan lapisan usus. Makanan pembersih usus ini juga membantu usus bergerak dengan baik dan mencegah reabsorpsi air berlebih.

3. Alpukat dan Kale

Makanan pembersih usus yang mengandung glutathione sangat penting untuk membantu memperbarui sel-sel usus, yakni enterosit. Makanan tinggi glutathione seperti asparagus, alpukat, dan kale.

Selain baik untuk usus, makanan ini juga baik untuk kulit dan antioksidan untuk tubuh.

4. Kaldu Tulang

Menurut Chitalia, kaldu tulang membantu menyembuhkan usus. Salah satunya dalam kasus usus bocor. Makanan pembersih usus ini membantu menyembuhkan integritas lapisan usus dengan menutup ruang kecil.

"Kaldu yang dibuat dengan rempah-rempah juga membantu memfasilitasi gerakan teratur dan mengurangi kecenderungan autoimun," ujar Chitalia.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT