Dokter Radiologi Klinik Protes Bawa-bawa Terawan, IDI Angkat Bicara

ADVERTISEMENT

Dokter Radiologi Klinik Protes Bawa-bawa Terawan, IDI Angkat Bicara

Vidya Pinandhita - detikHealth
Senin, 10 Okt 2022 16:00 WIB
SBY dan Prabowo hadiri pemberian gelar profesor kehormatan ke Terawan (Foto: ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA)
Foto: SBY dan Prabowo hadiri pemberian gelar profesor kehormatan ke Terawan (Foto: ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA)
Jakarta -

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) buka suara perihal tuntutan dari Perhimpunan Dokter Spesialis Radiologi Klinik Indonesia (PDSRKI). PDSRKI menuding IDI tak kunjung melantik organisasi tersebut lantaran masih sentimen terhadap eks Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto yang sempat terpilih menjadi Ketua Umum.

Sebelumnya, perhimpunan untuk dokter spesialis radiologi bernama Perhimpunan Dokter Spesialis Radiologi Indonesia (PDSRI). Hingga kini, hanya PDSRI yang diakui oleh IDI, sementara tidak dengan PDSRKI.

Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Daeng M Faqih menegaskan, PDSRKI sebenarnya tak pernah diajukan dalam Muktamar. Padahal, pergantian nama perhimpunan harus berdasarkan penetapan dari Muktamar.

"Perhimpunan kawan-kawan dokter spesialis radiologi itu di bawah Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Jadi, harus semuanya ikut aturan yang ada di IDI, yang biasanya ditetapkan di Muktamar sebagai kekuasaan tertinggi. Di anggaran dasar kita, anggaran rumah tangga, itu berbunyi kalau mengubah nama perhimpunan dan membubarkan, itu harus ditetapkan di Muktamar," terang dr Daeng pada detikcom, Senin (10/10/2022).

"PDSRKI ini tidak pernah diajukan dan ditetapkan di Muktamar. Itu persoalannya. Jadi nggak mungkin struktur di bawah Muktamar itu melantik, karena tidak ditetapkan di Muktamar. Tidak diputuskan. Setahu saya itu tidak pernah diajukan di Muktamar. Saya sudah sampaikan ke kawan-kawan, ajukan dulu, tetapkan muktamar baru namanya berubah. Sehingga nanti kalau ditetapkan di SK, dilantik, itu namanya PDSRKI. Tetapi karena di Muktamar belum diajukan, belum ditetapkan, ya nggak bisa. Namanya tetap PDSRI," sambungnya.

NEXT: IDI pastikan bukan gegara Terawan



Simak Video "Butet Kartaredjasa: Saya Pokoknya Percaya sama Terawan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT