Viral Wanita di Bekasi Mengaku Idap Progeria, Sejak SD Sudah Seperti Nenek-nenek

ADVERTISEMENT

Viral Wanita di Bekasi Mengaku Idap Progeria, Sejak SD Sudah Seperti Nenek-nenek

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Selasa, 11 Okt 2022 10:00 WIB
Viral netizen mengaku mengidap penyakit langka
Foto: Tangkapan layar: SS Viral (atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Viral wanita 28 tahun di Bekasi sering disangka nenek-nenek sejak kecil lantaran wajahnya terlihat sudah berkeriput. Ia mengaku mengidap penyakit langka yakni progeria.

"Sering dihina dari kelas 5 SD karena penyakit langka, sering dikatain nenek-nenek dari kelas 5 SD juga," demikian caption yang ditulis dalam salah satu video viral TikTok akun pribadinya @puspaa126, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan.

Tidak sedikit netizen yang mempertanyakan keaslian penampilan wanita bernama Puspa. Beberapa di antaranya bahkan menuding Puspa tengah memakai filter yang membuat wajahnya tampak menua.

"Untuk apa bohong kalau kenyataannya memang seperti ini," komentar Puspa.

Puspa bercerita, jika dirinya sudah berjuang menghadapi penyakit langka selama 18 tahun. Namun, ia tidak benar-benar tahu jenis progeria apa yang membuat wajahnya tampak menua dari usia biasanya.

"Kata dokter sejenis progeria. Cuma dia nggak sebutin progreia jenis apa, karena progeria itu kan ada beberapa jenis," terangnya saat dihubungi detikcom Selasa (11/10/2022).

"Tapi yang terpenting aku sakitnya bukan dari lahir, dan bukan juga dari keturunan," sambungnya.

Puspa juga belum menjelaskan lebih lanjut bagaimana awal mula dirinya terkena progeria. Dikutip dari Mayo Clinic, progeria juga dikenal sebagai sindrom Hutchinson-Gilford, yakni kelainan genetik progresif yang sangat langka.

Penyakit ini menyebabkan anak-anak menua dengan cepat, dimulai pada dua tahun pertama kehidupan mereka. Anak-anak dengan progeria umumnya tampak normal saat lahir. Selama tahun pertama, tanda dan gejala, seperti pertumbuhan lambat dan rambut rontok, mulai muncul.

Masalah jantung atau stroke adalah penyebab kematian pada sebagian besar anak dengan progeria. Harapan hidup rata-rata untuk anak dengan progeria adalah sekitar 13 tahun. Beberapa dengan penyakit ini mungkin meninggal di usia lebih muda, tetapi beberapa yang lain bertahan hidup lebih lama, bahkan hingga di atas 20 tahun.

Sejauh ini belum ada obat yang ditemukan untuk mengatasi progeria, tetapi penelitian yang sedang berlangsung menunjukkan beberapa pengobatan yang menjanjikan. Belum diketahui faktor risiko seperti apa yang membuat seseorang terkena progeria.



Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT