Disinggung Wendy Walters soal Reza Arap, Ini Ciri-ciri Toxic Relationship

ADVERTISEMENT

Disinggung Wendy Walters soal Reza Arap, Ini Ciri-ciri Toxic Relationship

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Selasa, 11 Okt 2022 13:35 WIB
Reza Arap dan Wendy Walters
Foto: Instagram @ybrap
Jakarta -

Wendy Walters buka-bukaan masa lalunya dengan Reza Arap. Wendy mengatakan hubungannya dengan Reza Arap termasuk toxic dan ia tak lagi bisa mempertahankan rumah tangganya.

"Kadang memang sulit sih menyadari kalau hubungan kita itu toxic," kata Wendy Walters saat berbincang di Youtube Luna Maya pada 8 Oktober lalu.

Toxic relationship atau hubungan beracun adalah istilah untuk menggambarkan hubungan tidak sehat yang dapat berdampak buruk bagi keadaan fisik maupun mental seseorang. Toxic relationship tak selalu terjadi pada pasangan, tetapi bisa juga pada teman atau keluarga.

Pakar menyebut berada di hubungan yang toksik atau tidak sehat ini bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan kesehatan mental, seperti kecemasan, stres, depresi. Ditambah lagi, beban mental ini bukannya tidak mungkin menyebabkan gangguan kesehatan fisik, misalnya gangguan psikosomatik.

Ciri-ciri Toxic Relationship

Psikolog Carla Marie Manly, PhD mengatakan terkait pada sifat hubungannya, tanda-tanda hubungan toxic bisa tidak kentara atau bahkan sangat jelas. Seseorang yang berada dalam toxic relationship bisa saja tidak menyadari red flag atau tanda bahayanya.

Ada beberapa citi-ciri toxic relationship yang bisa kamu temukan jika kamu berada di dalamnya. Tanda tersebut antara lain:

1. Selalu Berkata Kasar

Alih-alih kebaikan dan saling menghormati, sebagian besar percakapan dalam toxic relationsip diisi dengan sarkasme atau kritik atau penghinaan. Mereka akan terus berteriak atau menggunakan kata kasar, seringkali diiringi dengan lemparan atau menghancurkan barang.

2. Cemburu Berlebihan

Cemburu tak lagi normal jika pasangan melakukan hal yang ekstrem setelahnya, misal menyita handphone atau melabrak orang yang ia cemburui. Pada hubungan yang toxic, dia juga akan cemburu padamu jika merasa dirimu lebih sukses daripada dirinya.

3. Merasa Tidak Aman

Emosi negatif tersebut bisa ditandai dengan adanya perasaan tidak aman dan merasa tidak pantas bahagia dan dicintai. Hal ini biasanya akan muncul setelah menjalani hubungan yang salah.

4. Kerap Berbohong

Ketika mereka berbohong, itu menandakan mereka tidak lagi menghormati kamu sebagai pasangan yang pantas mendapatkan kejujuran dan perhatian.

5. Kekerasan Fisik

Kekerasan fisik dengan alasan apapun tidak bisa dibenarkan. Pasangan yang tidak sehat secara emosional akan sering melampiaskan kekesalannya dengan melakukan kekerasan fisik. Apa pun konfliknya, kekerasan fisik tidak bisa dibenarkan.



Simak Video "Bahaya Termakan Love Bombing, Bisa Ragu pada Diri Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT