Gejala Kanker Kulit yang Dialami Khloe Kardashian, Jerawat 7 Bulan Tak Kempis

ADVERTISEMENT

Gejala Kanker Kulit yang Dialami Khloe Kardashian, Jerawat 7 Bulan Tak Kempis

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Rabu, 12 Okt 2022 11:45 WIB
khloe kardashian
Khloe Kardashian (Foto: Instagram @khloekardashian)
Jakarta -

Khloe Kardashian mengidap tumor prakanker kulit atau melanoma di wajahnya. Awalnya, Khloe mengira benjolan di wajahnya itu adalah jerawat yang sulit diobati. Hal itu diungkapkan langsung oleh Khloe lewat Instagram pribadinya.

"Setelah melihat benjolan kecil di wajah saya, dan menganggap itu sesuatu yang kecil seperti jerawat, saya putuskan untuk dibiopsi karena menyadari setelah 7 bulan jerawat tidak kunjung hilang," ujar Kardashian mengutip Insider, Selasa (10/12/2022).

Menurut dokter yang menanganinya, lokasi jerawat itu sangat langka ditemukan pada orang usia seperti Khloe. Dokter juga menyarankan ibu anak satu ini untuk melakukan operasi lantaran tumor tersebut diduga merupakan prakanker melanoma atau kanker kulit langka agresif.

Selain itu, wanita 34 tahun ini juga mengaku pernah menjalani pengangkatan melanoma dari punggungnya saat berusia 19 tahun.

"Semoga kalian suka bagaimana kerennya aku dengan plester wajah ini," ujar Khloe.

Dikutip dari American Cancer Society, kanker kulit melanoma terjadi ketika sel-sel yang memproduksi melanin (melanosit) mengalami mutasi dan perubahan. Akibatnya, sel-sel tersebut tumbuh secara tak normal sehingga berkembang menjadi kanker.

Seseorang yang memiliki riwayat kanker kulit di keluarga atau sebelumnya pernah mengidap kanker kulit seperti Khloe Kardashian bisa meningkatkan risiko melanoma. Selain itu, faktor usia, pemilik kulit putih, tahi lalat di kulit, hingga paparan sinar ultraviolet juga bisa meningkatkan faktor risiko melanoma. Semakin cepat seseorang didiagnosis melanoma, semakin meningkatkan peluang kesembuhan.



Simak Video "RSUD Diharapkan Punya Fasilitas Memadai untuk Tangani Pasien Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT