Riset Temukan Wanita yang Sering Ngopi Punya Payudara Lebih Kecil

ADVERTISEMENT

Riset Temukan Wanita yang Sering Ngopi Punya Payudara Lebih Kecil

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Rabu, 12 Okt 2022 12:40 WIB
Ilustrasi Mengecilkan Payudara
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Studi British Journal of Cancer menemukan kaitan antara konsumsi kopi dengan penyusutan ukuran payudara. Para peneliti melakukan wawancara pada 300 wanita soal seberapa banyak mengonsumsi kopi per hari.

Hasilnya ditemukan, wanita yang meminum tiga cangkir kopi atau lebih dari itu per hari, memiliki ukuran payudara 17 persen lebih kecil daripada wanita yang mengonsumsi kurang dari tiga cangkir kopi per hari.

"Terlalu banyak kafein, kata mereka, dapat berdampak pada hormon tubuh, yang dapat memengaruhi ukuran payudara," demikian kesimpulan para peneliti, dikutip dari Glamour, Rabu (12/10/2022).

"Minum kopi dapat memiliki efek besar pada ukuran payudara," kata ketua peneliti Helena Jernstrom dari Universitas Lund di Swedia, kepada Telegraph.

Meski begitu, para peneliti menyebut mereka yang terbiasa meminum kopi tak perlu khawatir payudara akan langsung menyusut dalam semalam.

"Mereka akan mengecil, tetapi payudara tidak akan hilang begitu saja," kata para peneliti.

Para ahli medis juga menyebut masyarakat tidak perlu khawatir berlebihan. Temuan dalam studi tersebut hanya menjadi pengingat untuk membatasi asupan kopi dalam kategori 'sedang' atau sewajarnya.

"Jadi, pertahankan asupan kopi Anda di bawah tiga cangkir (atau tiga gelas) per hari," kata para ahli medis.



Simak Video "Penggunaan Bra Picu Kanker Payudara, Mitos atau Fakta?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT