Bumil Jangan Asal Pakai Skincare, Hindari 2 Kandungan Ini

ADVERTISEMENT

Bumil Jangan Asal Pakai Skincare, Hindari 2 Kandungan Ini

Alethea Pricila - detikHealth
Kamis, 13 Okt 2022 19:02 WIB
Ilustrasi ibu hamil
Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Mykola Sosiukin
Jakarta -

Kulit tetap cantik dan sehat pada kondisi apapun adalah idaman seluruh wanita. Oleh karena itu, mereka akan tetap menjaga kesehatan wajah sekalipun sedang hamil. Namun ibu hamil tidak sembarang memilih skincare. Mereka harus menghindari skincare yang mengandung merkuri dan hydroquinone.

Dilansir dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), merkuri merupakan unsur alami yang ada di udara, air, dan tanah. Kandungan ini menyebabkan masalah kesehatan meski hanya dalam jumlah kecil.

Hydroquinone adalah zat kristal putih yang sangat larut di dalam air dan mudah terbakar saat dipanaskan. Kedua jenis skincare ini sering digunakan untuk memutihkan kulit.

Bahaya Merkuri Pada Ibu Hamil

Dokter spesialis kulit dan kelamin dr Ruri D Pamela, SpKK menjelaskan merkuri sangat berbahaya untuk ibu hamil karena efeknya dapat dirasakan dalam waktu singkat setelah pemakaian.

"Sebenarnya merkuri itu sudah hampir tidak ditemukan lagi di industri kecantikan, karena sangat berbahaya sekali dan efeknya itu dalam waktu singkat," kata Ruri kepada HaiBunda.

Selain itu, penggunaan merkuri juga berfampak pada janin. Menurut WHO, paparan zat ini bisa menjadi ancaman bagi perkembangan anak di dalam rahim dan di awal kelahiran.

Sama seperti merkuri, hydroquinone pada skincare menjadi bahan berbahaya yang harus dihindari oleh ibu hamil.

Penasaran alasan hydroquinone dilarang pada ibu hamil?

KLIK DI SINI UNTUK HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Waspada! Bahaya Merkuri di Produk Kecantikan Menurut WHO"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT