Asri Welas Ingatkan Pentingnya Vaksinasi Rubella Cegah Katarak Kongenital Anak

ADVERTISEMENT

Asri Welas Ingatkan Pentingnya Vaksinasi Rubella Cegah Katarak Kongenital Anak

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kamis, 13 Okt 2022 19:21 WIB
Asri Welas Ingatkan Pentingnya Vaksinasi Rubella Cegah Katarak Kongenital Anak
Asri Welas (Foto: detikhealth/Sarah Oktaviani Alam)
Jakarta -

Artis Asri Welas menekankan pentingnya vaksinasi rubella dan pemeriksaan rutin bagi calon ibu. Hal ini dilakukan dengan harapan bisa meminimalisir penyakit hingga kecacatan anak, seperti katarak kongenital dan sindrom rubella.

Ia mengungkapkan kondisi tersebut kemungkinan terjadi karena adanya masalah saat masa kehamilan.

"Anak-anak yang lahir dengan katarak itu biasanya ada masalah di kehamilan. Untuk itu, sebaiknya saat menikah sebelumnya vaksin rubella," kata Asri saat ditemui di daerah Jakarta Pusat, Kamis (13/10/2022).

"Jadi ketika hamil tidak memiliki kecenderungan punya bayi dengan katarak (kongenital)," lanjutnya.

Katarak kongenital ini merupakan kondisi yang bisa dialami sejak bayi lahir. Kondisi ini bisa disebabkan oleh infeksi hingga sindrom rubella.

Asri mengungkapkan anak yang lahir dengan katarak sudah pasti memiliki virus yang ada di dalam tubuhnya. Maka dari itu, ia sangat menyarankan pada calon pengantin dan calon ibu untuk segera menjalani vaksin rubella.

"Lantas kalau anak sudah lahir dengan latar bagaimana? Ya langkahnya segera lakukan operasi. Supaya sinar matanya cepat distimulasi dan panca inderanya berkembang baik,"

Pada kesempatan yang sama, Asri juga menceritakan kondisi sang anak, Ibran. Meski mengalami keterlambatan dalam berbicara, kini kondisi Ibran sudah tumbuh dengan baik.

Asri mengungkapkan Ibran juga memiliki virus di tubuhnya, tepatnya di sekitar mulutnya. Ini yang kemungkinan membuatnya terlambat berbicara dan sulit untuk mengunyah.

"Alhamdulillah dia (Ibran) yang lahir dengan katarak sudah tumbuh kembang dengan baik. Yang virusnya banyak atau di mana-mana, Ibran Alhamdulillah nggak," jelas Asri.

"Dia punya virus di sekitar mulutnya, jadi dia hobi mengunyah untuk mengurangi dan ada keterlambatan dalam bicara juga," pungkasnya.



Simak Video "Dinkes DKI Jakarta Targetkan 715 Ribu Anak Diimunisasi Campak dan Rubella"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT