Softlens Vs Kacamata, Lebih Baik Pakai yang Mana Buat Sehari-hari?

ADVERTISEMENT

Softlens Vs Kacamata, Lebih Baik Pakai yang Mana Buat Sehari-hari?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kamis, 13 Okt 2022 21:00 WIB
Woman inserting a contact lens in her eye.
Lebih baik kacamata atau softlens untuk dipakai sehari-hari? (Foto ilustrasi: Thinkstock)
Jakarta -

Bagi yang mengalami gangguan penglihatan pasti biasa menggunakan kacamata dan softlens. Keduanya sangat membantu seseorang agar dapat melihat dengan jelas.

Dikutip dari laman All About Vision, kacamata dapat menyesuaikan jumlah cahaya yang masuk ke mata untuk kenyamanan dan penglihatan yang optimal. Sementara softlens atau kontak lensa membuat penglihatan lebih luas tanpa adanya penghalang.

Namun, tidak semua orang terbiasa memakai kacamata. Ada sebagian yang lebih memilih softlens. Sebenarnya, lebih baik yang mana sih?

Menurut ahli oftalmologi Prof Dr dr Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, SpM(K), lebih baik menggunakan softlens. Sebab, itu dapat membuat kornea mata lebih fokus.

"Lebih bagus sebenarnya kontak lens, karena itu lebih menekan kornea. Tetapi, itu tidak akan berpengaruh (pada tingkat minus atau plus mata)," jelas Prof Nila saat ditemui Jakarta Pusat, Kamis (13/10/2022).

"Kalau kacamata kadang-kadang dipakai tidak tepat di depan mata. Itu kalau untuk fokusnya kurang bagus," sambungnya.

Meski begitu, Prof Nila lebih menganjurkan untuk menggunakan kacamata dalam kehidupan sehari-hari. Menurutnya, itu akan jauh lebih aman dibandingkan dengan softlens.

Prof Nila mengatakan bahwa penggunaan softlens lebih membutuhkan perhatian ekstra, terutama dalam menjaga kebersihannya.

"Ini kalau kamu jorok, jangan pakai kontak lens. Karena ada waktu-waktu kontak lens ini harus dibuka, dicuci, dan dipasang lagi," ujar

"Boleh pakai, tapi harus tahu aturan," pungkasnya.



Simak Video "Tips Menjaga Kesehatan Mata Agar Tak Cepat Lelah"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/sao)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT