Soal Viral CCTV KDRT Rizky Billar ke Lesti Kejora, Kok Tak Ada yang Menolong?

ADVERTISEMENT

Terpopuler Sepekan

Soal Viral CCTV KDRT Rizky Billar ke Lesti Kejora, Kok Tak Ada yang Menolong?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Sabtu, 15 Okt 2022 14:00 WIB
Screenshoot Video Rizky Billar Lempar Bola Biliar ke Lesti Kejora
Foto: Screenshoot Video Rizky Billar Lempar Bola Biliar ke Lesti Kejora (dok istimewa)
Jakarta -

Heboh video rekaman CCTV yang memperlihatkan Rizky Billar melempar bola biliar kepada Lesti Kejora. Berdasarkan tanggal yang tertera di CCTV, kejadian tersebut terjadi pada Kamis (29/10/2021), sekitar pukul 00.07 WIB.

Di dalam video tersebut juga terlihat banyak orang saat kejadian itu terjadi, namun tak ada satupun yang membantu melerai. Apa alasannya?

Psikolog klinis dari Ohana Space Arrundina Puspita Dewi, MPsi, menyebut reaksi itu termasuk dalam bystander effect. Hal tersebut terkait fenomena saat seseorang yang membutuhkan pertolongan, namun orang di sekitarnya tak ada yang membantu.

Ini terjadi karena merasa bukan tanggung jawabnya untuk bertindak atau membantu orang yang membutuhkan pertolongan.

"Ini term psikologinya namanya bystander effect. Karena ada orang lain di situ, nggak cuma dia sendiri. Akhirnya jadi merasa bukan tanggungjawab dia sendiri untuk membantu si korban," jelas Arrundina pada detikcom, Rabu (12/10/2022).

"Biasanya rame-an nih yang begitu. Jadi merasanya bukan tanggung jawab satu orang saja untuk bertindak. Makanya seringkali diam saja, karena mikirnya ada orang lain juga di sekitar yang akan bantu si korban," lanjutnya.

Arrundina menjelaskan, pada akhirnya tak ada seorang pun yang bisa membantu dan berujung hanya sebagai 'penonton'. Baik satu atau banyak orang yang jadi bystander akan tetap diam karena takut ikut campur.

"Kalaupun sendirian jadi bystander-nya. Biasanya karena takut ikut campur di masalah orang lain," katanya.

Sebelumnya, Lesti dikabarkan sempat mengalami sejumlah cedera akibat Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang dilakukan oleh Rizky Billar beberapa waktu lalu. Meskipun demikian, Lesti kini memutuskan untuk mencabut laporan KDRT dan berujung damai dengan sang suami.



Simak Video "Penjelasan Pakar Ekspresi soal Wajah Tegang Ayah Lesti Kejora"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT