5 Tanda Penuaan Dini, Masalah Kulit yang Terjadi Pada Usia di Bawah 30-an

ADVERTISEMENT

5 Tanda Penuaan Dini, Masalah Kulit yang Terjadi Pada Usia di Bawah 30-an

Alethea Pricila - detikHealth
Minggu, 16 Okt 2022 05:00 WIB
ilustrasi efek polusi pada kecantikan
Ilustrasi (Foto: Dok. iStock)
Jakarta -

Penuaan kulit merupakan kondisi yang terjadi pada kulit seiring bertambahnya usia. Biasanya penuaan terjadi ketika usia seseorang sudah memasuki 30 tahun. Ciri-ciri penuaan adalah kulit tampak kendur, berkerut, menipis hingga muncul flek hitam pada beberapa area wajah.

Namun, penuaan pada kulit ini bisa juga terjadi pada mereka yang berusia di bawah 30 tahun. Ada banyak faktor yang terjadi mengapa penuaan kulit bisa terjadi salah satunya adalah kurangnya merawat kulit sejak dini.

"Penuaan kulit itu harusnya dimulai ketika usia 30-an, 40-an. Tapi usia 20-an tanpa kita sadari juga terjadi proses penuaan," ucap dr Hari Darmawan, SpKK dari RS Siloam TB Simatupang, saat ditemui di daerah Jakarta Selatan, Rabu (12/10/2022).

dr Hari menyebut salah satu tanda penuaan dini yang bisa terlihat adalah kulit lebih berminyak terutama setelah cuci muka.

"Memang sebenarnya ada oily skin tapi kalau abis cuci muka, terus mukanya langsung berminyak itu berarti sudah ada gangguan di situ," jelasnya.

Berikut tanda-tanda penuaan dini yang biasanya dialami seseorang dengan usia di bawah 30 tahun.

  • Wajah kusam
  • Kendur
  • Timbul garis halus terutama di daerah mata
  • Pori-pori membesar
  • Muncul flek hitam

Cara Mencegah Penuaan Dini

Tidur yang cukup menjadi salah satu cara yang tepat untuk mencegah adanya penuaan dini. Namun, dr Hari menegaskan tidur bukan hanya tentang durasi 8 jam tetapi tentang kualitas. Ia menegaskan tidur yang baik mencakup kualitas tidur yang dimulai di bawah jam 12 malam.

"Lebih baik tidur lebih cepat dan bangun lebih pagi daripada tidur telat bangun kesiangan. Hal ini akan memengaruhi hormon kortisol atau hormon stres yang sangat memengaruhi penuaan kulit. Semakin malam tidur, kortisol akan naik jadinya ada penuaan," tegasnya.

Selain itu ada cara lainnya adalah makan sehat, istirahat cukup, mengurangi stres, hingga tidak merokok dan minum alkohol.



Simak Video "RSUD Diharapkan Punya Fasilitas Memadai untuk Tangani Pasien Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT