BPOM Ungkap Asal Usul Cemaran Etilen Glikol di 5 Obat Sirup

ADVERTISEMENT

BPOM Ungkap Asal Usul Cemaran Etilen Glikol di 5 Obat Sirup

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kamis, 20 Okt 2022 18:01 WIB
BPOM izinkan penggunaan darurat 5 vaksin sebagai booster vaksin COVID-19. Vaksin booster itu akan diberikan kepada masyarakat umum pada 12 Januari mendatang.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) mengungkap lima sirup obat berbahaya lantaran tercemar etilen glikol, melebihi ambang batas aman. Meski begitu, BPOM RI memastikan pihaknya sudah melakukan pengawasan ketat terkait izin edar obat sirup.

Bahkan, BPOM RI memastikan seluruh obat sirup yang terdaftar masih memenuhi persyaratan keamanan, khasiat, hingga mutu. Lantas dari mana asalnya?

"Sirup obat yang diduga mengandung cemaran EG dan DEG kemungkinan berasal dari 4 (empat) bahan tambahan yaitu propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, dan gliserin/gliserol, yang bukan merupakan bahan yang berbahaya atau dilarang digunakan dalam pembuatan sirup obat," terang BPOM RI dalam keterangan resmi yang diterima detikcom Kamis (20/10/2022).

Mengacu pada standar baku nasional, ambang batas aman yang ditoleransi terkait cemaran EG maupun DEG adalah 0,5 mg/kg berat badan per hari. Namun, lima obat sirup tersebut ditemukan melebihi ambang batas aman yang ditetapkan.

"Diproduksi oleh produsen yang menggunakan 4 (empat) bahan baku pelarut propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, dan gliserin/gliserol dengan jumlah volume yang besar," kata BPOM RI.

"Diproduksi oleh produsen yang memiliki rekam jejak kepatuhan minimal dalam pemenuhan aspek mutu.
Diperoleh dari rantai pasok yang diduga berasal dari sumber yang berisiko terkait mutu," demikian penegasan lanjut BPOM RI.

Temuan tersebut menurut BPOM RI tak lantas menyimpulkan kepastian penyebab gagal ginjal akut misterius pada anak. Disebutkan, masih banyak kemungkinan di balik 99 anak meninggal gagal ginjal akut termasuk infeksi virus hingga MIS-C.

BPOM RI pada akhirnya menarik seluruh obat terkontaminasi EG dan DEG di seluruh pasaran termasuk apotek hingga fasilitas pelayanan kesehatan.

NEXT: Daftar 5 obat sirup dengan cemaran Etilen Glikol



Simak Video "Obat Sirup Disetop, Dokter Tak Sarankan Anak Minum Tablet Digerus"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT