Sebelum Meninggal, Pria Terkotor Sedunia Tak Sakit Meski 60 Tahun Nggak Mandi

ADVERTISEMENT

Sebelum Meninggal, Pria Terkotor Sedunia Tak Sakit Meski 60 Tahun Nggak Mandi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kamis, 27 Okt 2022 09:00 WIB
Jakarta -

Pria asal Iran yang dijuluki 'pria terjorok sedunia' karena tak mandi selama 60 tahun meninggal dunia. Ia meninggal di usianya ke 94 tahun.

Amou Haji yang tidak mandi selama kurang lebih 67 tahun meninggal dunia usai dimandikan oleh tetangganya. Tak lama setelah mandi, kondisi tubuhnya menurun dan ia pun berpulang.

Kesehatan Amou Haji disebut baik-baik saja meski dia tak mandi selama berabad-abad. Beberapa waktu lalu para ahli tertarik mempelajari kesehatannya, terlepas dari kurangnya kebersihan dan pola makannya yang buruk.

Sebuah tim dokter yang dipimpin oleh profesor parasitologi, Dr Gholamreza Molavi, dari Sekolah Kesehatan Masyarakat di Teheran mengunjungi Amou Haji di desa Dejgah dan meyakinkannya untuk mengizinkannya menjalankan beberapa tes. Tes ini termasuk berbagai jenis hepatitis dan AIDS serta parasit.

Dikutip dari Oddity Central, Dr Molavi dan timnya sangat tertarik untuk menemukan dan mempelajari parasit dan bakteri yang mungkin berkembang di tubuhnya yang tidak mandi. Namun mereka terkejut karena tidak menemukan bakteri atau parasit penyebab penyakit, kecuali Trichinosis, infeksi yang, dalam kasusnya, tampaknya tidak menghasilkan gejala.

"Mengingat lingkungan Haji yang tidak sehat, pengembangan sistem kekebalan yang kuat bisa menjadi kunci kesehatannya yang relatif baik," ujar Dr Molavi.

Temuan mereka sangat mengejutkan mengingat Amou yang saat itu berusia 87 tahun ketika dites sering mengkonsumsi makanan mentah seperti landak dan kelinci, meminum air yang tidak diolah dari genangan dan merokok kotoran hewan kering jika dia tidak memiliki tembakau untuk pipanya.

(kna/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT