7 Macam Operasi Plastik yang Paling Populer, Berminat?

ADVERTISEMENT

7 Macam Operasi Plastik yang Paling Populer, Berminat?

Nurul Febian Danari - detikHealth
Minggu, 30 Okt 2022 14:38 WIB
Doctors during surgery on patient in hospital. Surgeons team working at the hospital performing surgical procedure in operating theatre.
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Operasi plastik adalah metode untuk memperbaiki jaringan dan kulit yang hilang atau rusak. Namun kini operasi plastik tak hanya untuk mengatasi kelainan atau kerusakan tubuh, tetapi ada juga operasi plastik untuk menunjang kecantikan. Ini sering juga disebut sebagai bedah kosmetik.

Spesialis bedah plastik dr Ade Sari Nauli Sitorus SpBP-RE dari Beautylosophy Bandung mengatakan tren operasi plastik di Indonesia cukup tinggi, terutama pada mereka yang ingin membangun kembali kepercayaan diri.

"Menjalani operasi ini tidak mudah baik bagi pasien atau dokter. Harus ada keberanian serta kepercayaan antara dokter dan pasiennya," kata dr Nauli dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Minggu (30/10/2022).

Operasi plastik dapat dilakukan pada bagian wajah dan tubuh manapun. Berikut jenis-jenis operasi plastik yang paling banyak diminati:

1. Rhinoplasty atau operasi hidung

dr Nauli menjelaskan salah satu layanan bedah plastik paling banyak diminati adalah rhinoplasty atau operasi hidung. Tindakan bedah plastik ini dilakukan dengan tujuan memperindah penampilan wajah.

2. Breast implant

Breast implant adalah prosedur bedah plastik invasif yang bertujuan menambah volume serta mengencangkan bentuk payudara.

"Breast implant termasuk jenis bedah plastik paling instan dengan pengerjaan yang cukup mudah sehingga banyak orang tertarik dengan layanan satu ini," ungkap dr Nauli.

3. Liposuction atau sedot lemak

Liposuction juga merupakan salah satu tindakan dalam bedah plastik, atau yang lebih dikenal orang dengan sebutan sedot lemak. Pasien bisa memilih untuk membuang lemak tubuh yang tidak diinginkan.


4. Facelift/necklift

Facelift adalah salah satu layanan kecantikan untuk mengencangkan kulit wajah. Jadi, berbagai kerutan wajah (marionette lines, smile lines) dapat diatasi. Prosedur ini dapat bertahan antara 5-10 tahun.

Necklift dilakukan untuk mengencangkan area leher agar lebih selaras dengan tampilan wajah dan mendapatkan tampilan dagu V-shape.

5. Lip contouring

Lip contouring adalah prosedur operasi pada bibir yang bertujuan untuk mengubah bentuk bibir menjadi lebih menarik sesuai dengan keinginan pasien. Operasi ini bisa juga dilakukan untuk menebalkan atau menipiskan bibir sesuai keinginan pasien.

6. Brachioplasty

Tindakan ini biasanya dilakukan pada bagian lengan untuk mengurangi lemak serta membuang kelebihan kulit yang bergelambir, sehingga area lengan tampak lebih tegas dan kencang.

7. Chin implant

Kata dr Nauli, Chin Implant termasuk dalam bedah kosmetik yang banyak diinginkan oleh orang-orang untuk meningkatkan penampilannya. Operasi ini dilakukan dengan mengubah atau menambah volume dagu agar terlihat lebih panjang. Hasilnya, wajah pun bisa terlihat lebih tirus, tegas, dan menawan.



Simak Video "Berkali-kali Operasi Plastik, Amankah?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT