Hakim Sebut Susi ART Sambo Berbohong saat Sidang, Seperti Apa Ciri-cirinya?

ADVERTISEMENT

Hakim Sebut Susi ART Sambo Berbohong saat Sidang, Seperti Apa Ciri-cirinya?

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Rabu, 02 Nov 2022 08:32 WIB
Daftar Kesaksian Susi ART Sambo yang Bikin Hakim Heran dan Curiga
Susi ART Sambo (Foto: (Wilda-detikcom)
Jakarta -

Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan beberapa kali menunding saksi Susi ART Sambo berbohong saat memberikan keterangan di sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat. Hal tersebut lantaran Susi sering menjawab lupa dan tak tahu terhadap pernyataan hakim.

"Saudara bohong, Saudara sudah disumpah, lho. Saudara jangan bohong. Siapa yang lahirkan?" tanya hakim, dikutip dari detikNews, Rabu (2/11/2022).

Gestur Susi juga ikut menjadi sorotan. Sebab, saat ditanyai dan ditegur hakim, Susi banyak diam dan tidak langsung menjawab.

Terlepas dari hal tersebut, memangnya seperti apa ciri-ciri orang berbohong? Simak informasi berikut ini.

Ciri-ciri Orang Berbohong

Psikolog klinis dan dosen psikologi Universitas Negeri Yogyakarta, Cania Mutia, beberapa waktu lalu mengungkapkan sejumlah ciri-ciri orang yang sedang berbohong. Menurutnya, ciri-ciri tersebut bisa dilihat dari perubahan gerak-gerik tubuh dan cara berkomunikasi. Meskipun demikian, tanda seperti itu tak selalu menandakan kebohongan, melainkan harus disesuaikan faktor konteks.

Berikut sejumlah ciri-ciri orang sedang berbohong menurut Cania, disampaikannya kepada detikcom dalam tayangan e-Life:

1. Menghindari Kontak Mata

Menurut Cania, seseorang yang berbohong biasanya menghindari kontak mata. Jika orang tersebut terbiasa menatap mata saat mengobrol kemudian dalam satu momen obrolan matanya 'kemana-mana', terdapat kemungkinan gerakan mata tersebut mengindikasikan kebohongan.

2. Tubuh Gelisah

Ciri-ciri orang berbohong kedua terlihat pada gestur. Biasanya, orang yang sedang berbicara bohong tidak bisa diam dan tampak gelisah.

"Biasanya dia tuh orangnya tenang, nggak gerak-gerak, tapi ketika dia menceritakan sesuatu yang memang berbohong, badannya jadi banyak gerakan-gerakan. Atau dia jadi meremas-remas tangan, atau tangannya lebih berkeringat," beber Cania.

3. Mengalihkan Pembicaraan

Orang yang berbohong biasanya mengalihkan pembicaraan ketika ditanyai sesuatu. Agar tak disudutkan dan terpaksa menjelaskan kebohongannya, orang yang berbohong kerap kali mengalihkan topik obrolan.

4. Cerita Tidak Konsisten

Tanda keempat, orang yang berbohong biasanya tidak konsisten dalam menceritakan sesuatu. Dalam kata lain, orang tersebut memiliki detil cerita ya berganti-ganti karena dirinya lupa urutan cerita yang telah dibuatnya.

5. Mengulur Waktu untuk Menjawab

"Karena dia harus menyiapkan jawaban atas kebohongannya dia, dia biasanya akan nanya balik lagi ke kita. 'Boleh ulangi nggak, tadi kamu nanya apa ya?' itu sebenarnya usaha dia untuk mengulur waktu biar dia bisa mikir, dia bisa menggunakan kognitifnya untuk menentukan ceritanya mau dibawa ke mana," pungkas Cania.



Simak Video "Netizen Baper Lihat Pelukan Sambo-Putri, 'Stockholm Syndrome'?"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT