Penasaran Bentuk Manusia 978 Tahun Lagi? Diprediksi Cirinya Bakal Seperti Ini

ADVERTISEMENT

Round Up

Penasaran Bentuk Manusia 978 Tahun Lagi? Diprediksi Cirinya Bakal Seperti Ini

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Senin, 07 Nov 2022 05:54 WIB
Mindy - gambaran bentuk manusia di tahun 3000
Gambaran bentuk manusia di tahun 3000 akibat penggunaan teknologi secara berlebihan (Foto: Tollfree Forwarding)
Jakarta -

Penggunaan teknologi secara berlebihan diprediksi bakal mengubah bentuk manusia. Gambaran sosok manusia di tahun 3000 kelak terwakili oleh sosok Mindy yang punggungnya bungkuk.

Mindy adalah sebuah model 3 dimensi yang diciptakan oleh seniman dari Tollfree Forwarding, sebuah perusahaan telekomunikasi di Amerika Serikat. Model tersebut tidak dibuat asal-asalan, melainkan berdasarkan prediksi para ahli.

Dasarnya adalah kecenderungan manusia menggunakan teknologi komunikasi secara berlebihan. Seperti telah banyak dibahas, penggunaan komputer dan ponsel berdampak pada postur dan persendian.

Pada sosok Mindy, gambaran dampak penggunaan teknologi yang berlebihan tampak lebih luas lagi. Tidak hanya postur tubuh yang berubah, struktur tulang tengkorak dan volume otak juga berubah.

Diperkirakan, penggunaan teknologi akan membuat volume otak menyusut seperti terjadi pada periode 1,9 juta dan 10 ribu tahun lalu akibat teknologi di bidang pertanian, kesehatan, dan lainnya.

"Saya pikir penjelasan terbaik untuk penurunan ukuran otak kita adalah teori idiokrasi," beber David Geary seorang ilmuwan kognitif.

Perubahan lain yang tergambarkan pada sosok Mindy adalah kelopak mata kedua yang tumbuh sebagai adaptasi untuk menangkal dampak buruk layar gadget. Termasuk, paparan radiasi cahaya biru.

"Manusia bakal memiliki kelopak mata bagian dalam yang lebih besar untuk mencegah paparan cahaya yang berlebihan atau lensa mata yang mungkin berkembang secara evolusioner," kata Kasun Ratnayake, peneliti asal Universitas Toledo.

Selengkapnya tentang ciri-ciri manusia 978 tahun lagi bisa disimak DI SINI.



Simak Video "RSUD Diharapkan Punya Fasilitas Memadai untuk Tangani Pasien Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT