Cara Ampuh Cegah Ejakulasi Dini Gimana Ya, Dok?

ADVERTISEMENT

Dokter Menjawab

Cara Ampuh Cegah Ejakulasi Dini Gimana Ya, Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Senin, 07 Nov 2022 09:01 WIB
Banana peeled
Cara ampuh mencegah terjadinya ejakulasi dini. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Pertanyaan:

Dok, izin bertanya. Saya mau tanya bagaimana cara mencegah ejakulasi dini pada pria ya? Mohon penjelasannya Dok, terima kasih.

SY (pria, 47 tahun)

Jawaban:

Ejakulasi dini adalah keadaan medis yang ditandai keluarnya sperma kurang dari 1 menit setelah penetrasi penis ke dalam liang vagina. Terkadang hal ini bisa normal terjadi bila rangsangan atau foreplay sudah berlangsung sebelumnya.

Selain itu, kondisi ini juga bisa terjadi karena sudah lama tidak ejakulasi atau berhubungan seksual, sehingga lebih cepat terangsang.

Diagnosis ejakulasi dini baru dapat ditegakkan apabila keluhan berlangsung terus menerus selama minimal 6 bulan. Untuk mencegah terjadinya ejakulasi dini, ada berbagai hal yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Menjaga pola hidup sehat
  • Mengurangi paparan stres atau berusaha lebih rileks
  • Menggunakan kondom saat berhubungan intim sehingga rangsangan terhadap penis sedikit berkurang
  • Latihan senam kegel guna mengencangkan otot-otot perut, paha, dan pantat sehingga lebih mampu mengendalikan ejakulasi.

dr Samuel Hanky

Dokter umum dan Konsultan Medis Layanan Rekomendasi Berobat Kavacare.id dan Linksehat

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Berikut Kebiasaan yang Dapat Memicu Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT