Ortu Tak Tahu Obat Sirup Dilarang, Seorang Anak Kena Gagal Ginjal Akut

ADVERTISEMENT

Updated

Ortu Tak Tahu Obat Sirup Dilarang, Seorang Anak Kena Gagal Ginjal Akut

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Rabu, 09 Nov 2022 18:00 WIB
Hand of the sick child with saline solution with Space for text.
Ilustrasi anak gagal ginjal. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Golfcuk)
Jakarta -

Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia dr Piprim Basarah Yanuarso menceritakan sempat ada laporan kasus anak terkena gagal ginjal akut akibat mengonsumsi obat sirup tercemar etilen glikol dan dietilen glikol. Obat sirup produksi PT Afi Farma diberikan seorang ibu pada 2 hingga 3 November lalu.

Kejadian ini dilaporkan di DKI Jakarta, pasien dirawat di RS rujukan, tetapi berdomisili di luar DKI Jakarta. Laporan tersebut teridentifikasi saat rapat bersama dilakukan setiap minggu dengan Kementerian Kesehatan RI.

"Toksisitas ini nyata adanya, tren jumlah kasus laporan terakhir dari 5, 6, 7, 8 November itu tidak ada laporan kasus sama sekali, terakhir diumumkan 2, 3 November," beber dr Piprim dalam konferensi pers Rabu (9/11/2022).


"Ternyata ibunya nggak tahu bahwa obat Afi Farma itu dilarang, kemudian diminum kan ke anaknya, kemudian nggak kencing dua hari," beber dia.

Untungnya, pasien segera dirawat dan menerima penawar racun fomepizole. Beberapa hari kemudian kondisi yang bersangkutan sudah membaik dan berhasil sembuh, pulang dari RS.

Tren ini menunjukkan efektivitas fomepizole dan dugaan kuat jika gagal ginjal akut misterius merupakan penyebab terbanyak anak mengalami gagal ginjal akut.



Simak Video "Kisah Pilu Orang Tua Korban Gagal Ginjal Akut"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT