Kenapa Sih Cowok Hobi Garuk Selangkangan? Ternyata Ini Alasannya

ADVERTISEMENT

Kenapa Sih Cowok Hobi Garuk Selangkangan? Ternyata Ini Alasannya

Irene Putri Wibowo - detikHealth
Kamis, 10 Nov 2022 13:02 WIB
Male suffering with pain in the urogenital system. Disease for men. The concept of protection of sexually transmitted infections.
Ilustrasi pria garuk selangkangan. (Foto: iStock)
Jakarta -

Sering dijumpai di tempat umum, laki-laki kerap menggaruk area selangkangan. Tentunya, hal ini membuah kaum perempuan risih dan bertanya-tanya mengapa pria sering melakukan hal tersebut.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dalam satu hari, rata-rata pria bisa menggaruk bagian selangkangan (hingga menyentuh penis) sebanyak 23 hingga 30 kali.

Dikutip dari Vice, penelitian mengungkapkan beberapa alasan mengapa pria kerap melakukan hal tersebut yakni:

  • Memperkuat maskulinitas
  • Celana terlalu ketat

"Penis adalah simbol maskulinitas yang kuat bagi semua pria. Hal ini menunjukkan kepercayaan serta kejantanan seseorang," ujar Jo Ryder seorang psikoterapis integratif dari Dublin.

Menurut dr Andras Kolto, peneliti pascadoktoral senior di NUI Galway, sentuhan fisik dengan intensitas rendah akan melepaskan hormon oksitosin di otak.

Hormon oksitosin adalah neuropeptida yang berperan dalam hubungan sosial (berkomunikasi satu sama lain) serta mengatur suasana hati. Hormon ini akan diproduksi saat seseorang yang kita cintai menyentuh tubuh kita, baik secara seksual atau non-seksual.

Nyatanya, banyak pria yang sering menggaruk bagian selangkangan tanpa sadar.

"Perilaku ini memiliki nada seksual, tetapi tidak terkait dengan rangsangan erotis, namun menunjukkan maskulinitas pria" pungkas Joe.



Simak Video "Apa Penyebab Kulit Selangkangan Lebih Gelap Dibanding Bagian Lain?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT