6 Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Mudah, Tak Perlu Diet Ketat

ADVERTISEMENT

6 Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Mudah, Tak Perlu Diet Ketat

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Jumat, 11 Nov 2022 13:01 WIB
Perut Ramping dan BB Turun dengan Diet yang Gampang Dicontek
Cara mengecilkan perut buncit tanpa diet ketat. (Foto: Getty Images/iStockphoto/WDnet)
Jakarta -

Cara mengecilkan perut buncit kerap kali dicari oleh banyak orang. Pasalnya, memiliki perut buncit bahkan sampai berlipat bisa mengurangi rasa percaya diri. Apalagi jika dibiarkan begitu saja, kondisi ini bisa berpotensi memicu berbagai gangguan kesehatan dan penyakit berbahaya.

Dikutip dari Medical News Today, perut yang terlalu buncit dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius, seperti jantung, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes tipe 2, asma, hingga kanker usus.

Adapun penyebab perut buncit cukup beragam, tetapi yang paling sering adalah pola hidup yang tak sehat. Lantas, bagaimana sih cara mengecilkan perut dengan mudah tanpa perlu diet menyiksa? Simak informasi berikut.

Cara Mengecilkan Perut Buncit

Dikutip dari Healthline, berikut sejumlah cara yang bisa dicoba untuk mengecilkan perut buncit.

1. Makan Banyak Serat

Mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi menjadi salah satu cara mengecilkan perut secara efektif. Makanan dengan kandungan serat yang tinggi mampu meningkatkan rasa kenyang dan mencegah untuk makan dengan porsi berlebihan.

Dengan makan serat larut, lemak tidak akan menumpuk di sekitar organ sehingga risiko perut jadi buncit juga berkurang.

2. Tidur yang Cukup

Tidur lebih awal tidak hanya membuat seseorang menghindari ngemil atau makan di tengah malam. Istirahat yang kurang memperlambat metabolisme tubuh yang dapat menyebabkan peningkatan kadar kortisol.

Jika ingin tubuh tetap prima dan perut tidak buncit, usahakan tidur yang cukup sekitar 7-8 jam sehari.

3. Makan Perlahan

Agar makanan dapat tercerna dengan sempurna, diharuskan mengunyah makanan dengan lambat. Hal ini agar makanan yang dimakan terpecah secara halus, sehingga dapat mengefisienkan metabolisme makanan dalam tubuh.

Selain itu, dengan cara ini bisa lebih cepat kenyang dan membuat porsi makan lebih sedikit.

4. Jangan Lewatkan Sarapan

Cara mengecilkan perut buncit selanjutnya adalah dengan tidak melewatkan waktu sarapan. Sebab, sarapan bisa membantu tubuh untuk mengontrol porsi makan siang agar tidak berlebihan.

5. Minum Banyak Air Putih

Kurangi minuman manis dan beralihlah ke air putih. Minum air mineral sebelum makan juga efektif untuk menurunkan berat badan sehingga perut nggak jadi buncit.

6. Kurangi Porsi Makan

Porsi yang lebih besar mendorong orang untuk makan lebih banyak dan telah dikaitkan dengan peningkatan berat badan dan obesitas. Sebuah studi pada orang dewasa menemukan bahwa menggandakan ukuran makanan pembuka dapat meningkatkan asupan kalori sebesar 30 persen.



Simak Video "Ortu Korban Gagal Ginjal Akut Minta Pihak Kemenkes Temui Para Korban"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT