Sekilas Mirip, Ini Bedanya Gejala Flu Vs COVID-19 Omicron XBB

ADVERTISEMENT

Sekilas Mirip, Ini Bedanya Gejala Flu Vs COVID-19 Omicron XBB

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Sabtu, 12 Nov 2022 15:03 WIB
Omicron BA.4 dan BA.5 adalah subvarian omicron terbaru yang perlu diketahui dan waspadai oleh masyarakat Indonesia. Berikut informasinya.
Ilustrasi virus COVID-19 Omicron XBB (Foto: Getty Images/loops7)
Jakarta -

COVID-19 Subvarian Omicron XBB telah teridentifikasi di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) pada Kamis, (10/11/2022), subvarian Omicron baru tersebut sudah terdeteksi 48 kasus di sejumlah provinsi Indonesia. Kemunculan COVID XBB ini belakangan diyakini menjadi pemicu kasus COVID-19 kembali ngegas.

Juru bicara pemerintah dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, dr Reisa broto asmoro beberapa waktu lalu mewanti-wanti masyarakat lantaran subvarian ini sangat menular dibandingkan dari varian maupun subvarian lainnya. Ia menyebut penularan Omicron XBB 1,7 kali lebih cepat dibandingkan Omicron pertama.

"Adanya kenaikan kasus di berbagai negara ini memang berkaitan dengan XBB, jadi disinyalir tren kenaikan kasus yang terjadi di Indonesia ini juga dikaitkan dengan varian XBB yang sudah ditemukan," ucapnya dalam podcast Radio Kesehatan Kemenkes RI, Senin (7/11).

Meskipun disebut lebih menular, tingkat keparahan dan gejala yang ditimbulkan Omicron XBB lebih ringan bahkan disebut mirip flu biasa. Berikut gejala yang banyak dikeluhkan pasien RI.

  • Demam
  • Batuk
  • Pilek
  • Mual
  • Muntah
  • Sesak napas
  • Nyeri menelan
  • Sakit badan
  • Nyeri ulu hati

Lantas, Bagaimana Membedakan Gejala Omicron XBB dan Flu?

Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sekaligus spesialis paru RS Persahabatan dr Erlina Burhan, SpP(K), beberapa waktu lalu menyebut bahwa Omicron memiliki gejala yang khas berupa tenggorokan gatal dan batuk kering. Sementara pada kasus infeksi flu, sangat jarang seseorang mengeluhkan tenggorokan gatal.

"Mulai dari gatal tenggorokan sampai nyeri, kemudian biasanya menjadi batuk. Biasanya batuknya kering, kemudian disertai hidung tersumbat. Di hidung ada beberapa, ada yang merasa hidung tersumbat, ada yang merasa pilek," terangnya, Sabtu (29/1).

dr Erlina juga mengungkapkan gejala Omicron tersebut bisa disertai dengan nyeri kepala dan badan lemas.

Adapun salah satu cara untuk mengetahui perbedaan flu dan Omicron adalah melakukan tes COVID-19.

"Anda dapat pergi dan mendapatkan tes COVID di banyak apotek, dan dokter Anda dapat memberikan tes untuk flu," kata Brooke Bozick, seorang pakar NIH penyakit pernapasan yang mempengaruhi paru-paru, dikutip dari News in Health (NIH).



Simak Video "Gejala Awal Subvarian Omicron XBB"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT