7 Makanan Pembersih Paru-paru Ini Ampuh Bikin Napas 'Plong'

ADVERTISEMENT

7 Makanan Pembersih Paru-paru Ini Ampuh Bikin Napas 'Plong'

Nurul Febian Danari - detikHealth
Minggu, 13 Nov 2022 14:32 WIB
A young doctor is standing and looking at the lungs image at the blurred hospital room background. The concept of medical service, diagnosis and treatment.
7 makanan yang diyakini efektif untuk membersihkan paru-paru. Foto: Getty Images/iStockphoto/Natali_Mis
Jakarta -

Khususnya bagi orang yang sering terpapar polusi, kesehatan paru-paru wajib menjadi sorotan. Di samping gaya hidup sehat, ada lho makanan yang bisa dicoba untuk menjaga kebersihan paru-paru. Apa saja?

Dikutip dari Medical News Today, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), paparan polusi udara menyebabkan 4,2 juta kematian di seluruh dunia setiap tahunnya. Sementara 1 dari setiap 5 orang di Amerika Serikat, meninggal karena rokok.

Makanan sehat dan seimbang dapat membuat tubuh lebih sehat dan kuat, termasuk pada paru-paru. Meskipun paru-paru memiliki kemampuan untuk membersihkan diri, mengonsumsi makanan-makanan sehat dapat membantu kerja paru-paru lebih efektif dan menjaganya tetap sehat.

Jelas, tidak mengkonsumsi rokok adalah cara paling utama untuk menjaga kesehatan paru-paru. Untuk melengkapi itu, berikut makanan-makanan yang bisa dicoba untuk membersihkan paru-paru:

1. Teh Hijau

Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Antioksidan juga dapat mrmbantu melindungi jaringan paru-paru dari efek menghirup asap.

Sebuah studi 2018 terhadap lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea melaporkan bahwa orang yang minum setidaknya dua cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada mereka yang tidak minum teh hijau sama sekali.

2. Kunyit

Kunyit dipercaya mampu mengurangi peradangan pada paru-paru. Senyawa aktif pada kunyit mampu mrmbersihkan paru-paru secara alami. Kunyit juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan detoksifikasi.

3. Bawang Putih

Bawang putih mengandung allicin, yakni senyawa sebagai antibiotik yang dapat membantu menyembuhkan infeksi paru-paru. Bawang putih dapat meredakan penyumbatan serta sesak napas, serta asma. Tak hanya itu, bawang putih juga mampu mengurangi risiko peradangan dan kanker paru-paru.

4. Madu

Madu mengandung antibakteri yang dapat membantu mngurangi masalah pernapasan. Madu dapat membersihkan saluran pernapasan dan menjaga kesehatan paru-paru. Selain membersihkan paru-paru, madu juga bermanfaat untuk membantu meredakan batuk pilek.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT