6 Minuman Pembersih Paru-paru, Bantu Napas 'Plong' jika Sering Kena Polusi!

ADVERTISEMENT

6 Minuman Pembersih Paru-paru, Bantu Napas 'Plong' jika Sering Kena Polusi!

Nurul Febian Danari - detikHealth
Senin, 14 Nov 2022 06:52 WIB
7 Makanan Sehat untuk Paru-paru, Penting Dikonsumsi Saat Corona!
6 minuman yang boleh dicoba untuk membersihkan paru-paru. Foto: iStock
Jakarta -

Kesehatan paru-paru penting untuk diperhatikan, khususnya pada orang-orang yang sehari-harinya terpapar polusi seperti asap kendaraan, debu, asap rokok, serta polutan lainnya. Pada beberapa kasus, polutan bisa meningkatkan risiko kanker paru-paru, asma, dan mengganggu kerja paru-paru.

Dikutip dari WebMD, kepala alergi-imunologi di Medical College of Georgia, Dennis Ownby mengatakan bahwa orang-orang yang tinggal di kota, paru-paru secara bertahap kehilangan kemampuan untuk membersihkan diri dan melawan polusi.

Sementara spesialis paru di Emory University, Cherry Wongrtakool menambahkan polusi udara tidak hanya dapat memperburuk fungsi paru-paru pada orang dengan masalah pernapasan, tetapi juga dapat menurunkan fungsi paru-paru pada mereka yang memiliki paru-paru yang sehat.

Menghirup polusi memicu risiko paru-paru yang sehat sakit dalam jangka panjang, menyebabkan batuk, mengi, iritasi, dan stres berbahaya pada sistem kardiovaskular.

Tentu, langkah utama untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan tidak mengkonsumsi rokok. Namun seiring itu, ada lho minuman yang bisa dicoba untuk menjaga kebersihan paru-paru:

1. Jahe madu lemon

Jahe mengandung sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi batuk dan hidung tersumbat. Madu dapat mengurangi frekuensi batuk, sementara kandungan vitamin C pada lemon dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Campuran dari ketiga bahan ini dapat membantu membersihkan paru-paru.

Parut jahe ukuran sedang, tambahkan satu sdt (atau lebih) madu dan beberapa tetes jus lemon ke dalam air. Didihkan secara campuran bahan tersebut, kurangi campuran menjadi setengah dan saring dalam cangkir. Minum selagi hangat untuk mendetoksifikasi paru-paru.

2. Teh Hijau

Teh hijau mengandung anti oksidan yang dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, termasuk paru-paru.

3. Jahe kunyit

Kunyit dipercaya dapat meredakan batuk, hidung tersumbat, dan pilek. Kandungan kurkumin pada kunyit dapat bertindak sebagai anti inflamasi, anti oksidan, dan anti kanker. Sementara jahe dapat membantu mengatasi mual dan sesak.



Simak Video "Perbandingan Paru-paru Pasien COVID-19 yang Divaksin dan Belum"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT