Kevin Conroy Meninggal gegara Kanker Usus, Ini Sederet Kemungkinan Penyebabnya

ADVERTISEMENT

Kevin Conroy Meninggal gegara Kanker Usus, Ini Sederet Kemungkinan Penyebabnya

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Senin, 14 Nov 2022 21:56 WIB
NEW YORK, UNITED STATES - 2019/10/06: Kevin Conroy attends presser for Batman Beyond 20th Anniversary by Warner Brothers during New York Comic Con at Jacob Javits Center. (Photo by Lev Radin/Pacific Press/LightRocket via Getty Images)
Kevin Conroy (Foto: Pacific Press/LightRocket via Ge/Pacific Press)
Jakarta -

Kevin Conroy, aktor yang terkenal sebagai pengisi film Batman meninggal dunia di usia 66 tahun. Berdasarkan informasi dari suaminya, Vaughn C Williams, Conroy mengidap intestinal cancer (kanker usus) dan meninggal di rumah sakit.

"Menurut saya dia adalah Batman. Dia memiliki kehidupan awal yang bermasalah dan memiliki beberapa penyakit negatif, tetapi dia mengubahnya menjadi kekuatan pribadi yang luar biasa," ucap Williams dikutip dari New York Times, Senin (14/11/2022).

Penyebab Kanker Usus

Dikutip dari Cancer Center, intestinal cancer atau kanker usus merupakan kondisi yang ditandai dengan pertumbuhan sel-sel abnormal di usus kecil, bagian dari sistem pencernaan. Penyebab kanker usus sampai saat ini masih belum diketahui. Namun, ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan seseorang terkena kanker. Adapun faktor risikonya, seperti:

Usia

Menurut National Cancer Institute, kanker usus lebih rentan terjadi pada usia lanjut, yakni antara 60-an hingga 70-an tahun.

Jenis Kelamin

Berdasarkan statistik, wanita lebih rentan mengidap penyakit ini daripada pria.

Genetik

Riwayat penyakit yang diturunkan dari keluarga.

Merokok dan Minum Alkohol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa merokok dan minum alkohol dapat dikaitkan dengan kanker usus kecil.

Paparan Bahan Kimia

Bahan kimia tertentu, seperti vinil klorida, dioksin, dan herbisida dosis tinggi yang mengandung asam fenoksiasetat, dianggap sebagai faktor risiko kanker usus untuk jenis sarkoma tertentu, kemungkinan termasuk sarkoma di usus kecil.

Kondisi Lain yang Berisiko Memicu Kanker Usus

Penyakit tertentu yang mempengaruhi saluran gastrointestinal (GI) dapat meningkatkan risiko terkena kanker usus kecil. Misalnya, penyakit Crohn yaitu kondisi saat sistem kekebalan tubuh merusak usus kecil.

NEXT: Gejala Kanker Usus



Simak Video "Indonesia Catat 11 Ribu Kasus Baru Kanker pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT