7 Makanan Pembersih Pembuluh Darah, Bantu Lancarkan Aliran Darah Ke Jantung

ADVERTISEMENT

7 Makanan Pembersih Pembuluh Darah, Bantu Lancarkan Aliran Darah Ke Jantung

Alethea Pricila - detikHealth
Rabu, 16 Nov 2022 07:16 WIB
Ilustrasi Jantung
Ilustrasi 7 makanan pembersih pembuluh darah. Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Pembuluh darah adalah bagian penting pada sistem sirkulasi peredaran darah di tubuh manusia. Darah merupakan cairan tubuh yang paling penting bagi semua makhluk hidup. Jika pembuluh darah mengalami gangguan maka akan menyebabkan berbagai jenis penyakit dan manusia biasanya akan terlihat pucat.

Pembuluh darah yang tersumbat atau mengandung plak bisa berdampak pada kesehatan jantung, hati, hingga ginjal. Inilah yang menjadi alasan sudah seharusnya setiap sudah orang menjaga pembuluh darah guna mempertahankan organ tubuh lainnya tetap sehat.

Ada beberapa cara alami yang dapat membantu pembersihan pembuluh darah, misalnya olahraga secara teratur. Meski begitu, hal tersebut harus diseimbangi dengan konsumsi makanan yang sehat. Berikut 7 makanan pembersih pembuluh darah, dikutip dari berbagai sumber.

Makanan Pembersih Pembuluh Darah

1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan makanan yang mampu membantu pengobatan penyakit yang berhubungan dengan penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Dikutip dari Vinmec, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih setiap hari tidak hanya membantu membersihkan pembuluh darah tetapi juga dapat mencegah pengendapan kalsium serta mencegah pengapuran di arteri koroner.

Selain itu, sifat antimikroba yang ada dalam bawang putih juga membantu dalam membersihkan darah dan usus agar terbebas dari bakteri, parasit, dan virus. Bawang putih dapat dikonsumsi dengan melalui campuran salad sayur atau roti.

2. Anggur

Anggur memiliki kandungan flavonoid, zat yang memberi warna ungu pada anggur, quercetin dan resveratrol sehingga dapat mencegah oksidasi kolesterol LDL. Jenis kolesterol ini tidak baik bagi kesehatan manusia jika terbentuk di dinding arteri. Tidak hanya membantu membersihkan pembuluh darah, mengonsumsi buah anggur secara teratur akan mengurangi risiko terjadinya penggumpalan darah, sehingga mencegah risiko serangan jantung pada setiap orang.

3. Daun Ketumbar

Jenis daun ini berfungsi untuk membuang merkuri dan logam berat lainnya dari aliran darah melalu makanan yang keluar atau udara yang dihirup manusia. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sayuran ini mengandung senyawa belerang yang dapat mendetoksifikasi darah dan mengurangi peradangan.



Simak Video "Cuci Darah Bukan Terapi yang Tepat untuk Gagal Ginjal Akut"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT