Tren Kencan Online Bikin Kasus Gonore-Klamidia Meroket di Inggris

ADVERTISEMENT

Tren Kencan Online Bikin Kasus Gonore-Klamidia Meroket di Inggris

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Rabu, 16 Nov 2022 09:32 WIB
Ilustrasi Main HP
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Tren kencan online yang populer belakangan ini ternyata membuat kasus infeksi menular seksual naik tajam di Inggris. Penyakit ini bahkan mulai menyerang kaum lansia berusia 65 tahunan.

Berdasarkan laporan pemerintah Inggris, permintaan di layanan kesehatan seksual dan reproduksi meningkat tajam yang disebut sebagai akibat dari perubahan perilaku masyarakat. Laporan tersebut menyoroti jumlah infeksi menular seksual yang tercatat di antara yang berusia di atas 65 tahun meningkat 20 persen dari 2.280 pada 2017 menjadi 2.748 pada 2019.

Dikutip dari The Guardian, meluasnya penggunaan aplikasi kencan menyebabkan meroketnya kasus infeksi menular seksual. Peningkatan terbesar terjadi pada gonore dan klamidia.

"Tingginya penggunaan dan akses ke telepon pintar dan aplikasi kencan membawa dampak. Seks telah banyak berubah selama 10 tahun terakhir dengan pertumbuhan penggunaan aplikasi kencan online," tulis laporan tersebut yang disusun oleh David Fothergill, ketua dewan kesejahteraan komunitas LGA, dan James Woolgar, direktur kesehatan masyarakat Liverpool.

Angka terpisah dari Badan Keamanan Kesehatan Inggris, yang dikutip dalam laporan tersebut, menunjukkan kasus gonore di antara kelompok di Inggris melonjak dari 237 pada 2017 menjadi 386 pada 2019, naik 63 persen.

Gonore atau kencing nanah adalah adalah infeksi seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini sangat mudah menular, sehingga apabila tidak ditangani bisa menimbulkan komplikasi yang menyebabkan kematian.

Sementara klamidia penyakit infeksi yang disebabkan oleh chlamydia trachomatis, yakni infeksi umum yang bisa ditularkan melalui seks anal, vaginal, maupun oral. Penyakit ini juga bisa ditularkan pada bayi saat proses kelahiran.



Simak Video "Gejala Cacar Monyet Dilaporkan Mirip Infeksi Menular Seksual"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT