Viral Curhat Wanita di Padang Alami Perut Membesar Bak Hamil, Ternyata Kanker

ADVERTISEMENT

Viral Curhat Wanita di Padang Alami Perut Membesar Bak Hamil, Ternyata Kanker

Irene Putri Wibowo - detikHealth
Rabu, 16 Nov 2022 19:45 WIB
Viral Curhat Wanita Padang Perut Membesar Bak Hamil, Ternyata Kena Penyakit Ini
Foto: Tangkapan Layar TikTok @someew
Jakarta -

Baru-baru ini viral curhatan video seorang wanita di media sosial TikTok, mengaku perutnya membesar seperti orang hamil. Namun setelah diperiksa ke dokter, buncitnya tersebut rupanya disebabkan oleh kanker ovarium. Bagaimana kejadiannya?

Pengguna TikTok dengan username @someeww dalam videonya menceritakan, awalnya pada 2020, ia mengalami nyeri di bagian panggul dan punggung. Kemudian seiring waktu, perutnya membesar dan keras, dibarengi dengan siklus haid tidak teratur. Setelah menjalani pemeriksaan dengan USG, barulah ketahuan bahwa dirinya mengidap tumor ovarium.

Wanita tersebut adalah Vadianda Bastian (22) atau yang akrab disapa 'Dinda'. Kepada detikcom, ia mengatakan bahwa mengacu pada penjelasan dokter, tumor yang diidapnya adalah tumor ganas. Ia pun harus menjalani operasi pengangkatan tumor. Ditemukan, tumor pada ovariumnya seberat 5,9 kilogram, bentuknya setara ukuran kepala orang dewasa.

Dinda mengisahkan, dirinya dianjurkan untuk melakukan kontrol secara rutin ke dokter setelah menjalani operasi pengangkatan tumor tersebut. Namun hal itu tak dipenuhinya. Ia pun terlambat mengetahui bahwa tumor yang sempat ada di tubuhnya rupanya merupakan tumor ganas. Ia baru mengetahui bahwa dirinya mengidap kanker ovarium pada Maret 2022.

"Operasi pertamaku itu September 2020 lalu, udah dinyatakan bersih dari tumor. Kan disaranin untuk rajin kontrol, tapi aku nggak rajin dan akhirnya telat tahu kalau tumornya tumbuh lagi," ujarnya, pada detikcom Selasa (16/11/2022).

Saat itu, ia segera menjalani operasi kedua dan dianjurkan untuk menjalani kemoterapi. Namun, Dinda menolak anjuran dokter dan memutuskan untuk menjalani pengobatan alternatif.

"Berobat alternatif di enam tempat dengan harapan sudah sembuh berkat berobat alternatif. Setelah 3 bulan melakukan pengobatan alternatif ternyata sudah tumbuh lagi sebesar lima cm. Akhirnya memutuskan untuk kemo. Setelah tiga kali kemo ternyata sel kankerku malah makin membesar," tutur Dinda.

NEXT: Sempat Down Berat karena Botak dan Kemoterapi Gagal



Simak Video "Indonesia Catat 11 Ribu Kasus Baru Kanker pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT