Terjawab Sudah, Ini Alasan Sering Ejakulasi Bisa Cegah Kanker Prostat

ADVERTISEMENT

Terjawab Sudah, Ini Alasan Sering Ejakulasi Bisa Cegah Kanker Prostat

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kamis, 17 Nov 2022 06:00 WIB
Manfaat Minum Kopi, Bisa Kurangi Risiko Kanker Prostat
Ilustrasi kanker prostat. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio)
Jakarta -

Kanker prostat seringkali dikaitkan dengan frekuensi ejakulasi. Pertanyaan yang kerap muncul salah satunya perlu berapa kali ejakulasi dalam seminggu untuk menghindari risiko kanker prostat.

Menurut spesialis penyakit dalam subspesialis hematologi-onkologi (kanker) Prof Zubairi Djoerban berdasarkan sebuah riset 2016 silam, memang ada keterkaitan di antara keduanya. "Yang terang, ejakulasi 20 kali dalam sebulan itu mengurangi risiko kanker prostat hingga 20 persen," jelas dia dalam akun Twitter pribadinya, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan, Rabu (16/11/2022).

Hal ini didapatkan dari analisis di usia 20 hingga 40 tahun, risiko kanker prostat ditemukan jauh lebih rendah 20 persen dibandingkan mereka yang ejakulasi lebih sedikit, empat hingga tujuh kali dalam sebulan.

Bukan tanpa alasan, Prof Zubairi menekankan ejakulasi bisa membantu membersihkan bagian tertentu dari zat yang berisiko memicu kanker.

"Seringnya ejakulasi memang memungkinkan proteksi terhadap kanker prostat, karena ejakulasi bisa membersihkan saluran dari zat yang potensial (menyebabkan) kanker. Tentu kegiatan ejakulasinya harus aman. Dengan pasangan resmi," sambung dia.

"Penelitian 2016 yang dilakukan peneliti Harvard itu memiliki sampel yang cukup besar. Ada 30 ribu pria yang diteliti dan diikuti selama 20 tahun, sehingga buktinya lumayan kuat," lanjut Prof Zubairi.



Simak Video "Berikut Kebiasaan yang Dapat Memicu Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT