Viral Dikeluhkan Dosen di Aceh, Ini Penyebab Bau Badan Tak Sedap

ADVERTISEMENT

Viral Dikeluhkan Dosen di Aceh, Ini Penyebab Bau Badan Tak Sedap

Alethea Pricilla - detikHealth
Jumat, 18 Nov 2022 07:31 WIB
ilustrasi bau mulut
Foto: thinkstock
Jakarta -

Universitas Syiah Kuala (USK) Aceh menjadi sorotan publik usai viralnya foto yang menunjukkan surat pemberitahuan dan panduan mencegah bau badan. Diketahui surat tersebut dibuat usai seorang dosen Jurusan Arsitektur dan Perencanaan Fakultas Teknik USK mengeluh banyak mahasiswa yang bau badan.

"Sehubungan dengan banyaknya mahasiswa yang memiliki bau badan. Padahal kegiatan belajar dan asistensi dengan dosen akan memberikan waktu yang banyak untuk berinteraksi dengan orang lain. Hal ini menyebabkan banyaknya keluhan dosen, terutama pada saat asistensi," bunyi pengantar surat seperti yang dikutip dari detikSumut, Kamis (17/11/2022).

Dalam surat tersebut juga dijelaskan panduan untuk mengurangi bau badan seperti mandi yang teratur hingga perawatan yang dapat dilakukan agar mencegah bau badan. Lantas mengapa bau badan bisa terjadi?

Penyebab Bau Badan

Keringat adalah sekresi cairan oleh kelenjar keringat ke permukaan kulit. Ada dua jenis kelenjar keringat yakni ekrin dan apokrin. Kelenjar apokrin bertanggung jawab untuk menghasilkan bau badan.

Bau badan umumnya tercium ketika seseorang mengeluarkan keringat. Meski begitu, sebenarnya, keringat tidak memiliki bau. Dikutip dari Cleve and Clinic, saat seseorang berkeringat, air, garam, dan lemak pada tubuh akan bercampur dengan bakteri. Ada berbagai faktor seperti makanan, hormon, atau obat yang sedang di konsumsi.

Suatu kondisi yang disebut hiperhidrosis membuat seseorang berkeringat secara berlebihan. Orang dengan kondisi ini akan lebih rentan terhadap bau badan karena mereka banyak berkeringat, tetapi kerap kali kelenjar keringat ekrin yang paling menyebabkan ketidaknyamanan pada telapak tangan dan kaki yang berkeringat.

Next: Cara mengatasi bau badan

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT