Kenapa Sih Pria Selalu Kepo soal Keperawanan? dr Boyke Bilang Gini

ADVERTISEMENT

Kenapa Sih Pria Selalu Kepo soal Keperawanan? dr Boyke Bilang Gini

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jumat, 18 Nov 2022 12:00 WIB
Pemerhati seks dan keharmonisan rumah tangga, dr Boyke Dian Nugraha, SpOG, menyebut posisi lotus punya kelebihan lain. Penasaran?
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Media sosial dihebohkan dengan seorang publik figur yang kerap bertanya tentang keperawanan wanita lewat podcast miliknya. Tidak sedikit netizen yang menilai pertanyaan tersebut tak patut dilayangkan karena terlalu menggali privasi seorang wanita.

Keperawanan kerap dikaitkan dengan kondisi selaput dara. Padahal keutuhan selaput dara tidak bisa menentukan apakah seorang wanita sudah pernah berhubungan seksual atau belum.

Terlepas dari kondisi tersebut, kenapa sih isu keperawanan suka bikin orang-orang kepo?

"Karena keperawanan membuat fantasi kejantanan mereka terpenuhi. Mendapatkan gadis 'suci' sering dikaitkan dengan mitos sebagai pria yang pertama menikmati seks dengan si wanita dan akan dikenang selamanya," kata pakar seks dr Boyke Dian Nugraha kepada detikcom, Jumat (18/11/2022).

Keperawanan adalah sebuah konsep yang dibuat oleh masyarakat dan norma sosial, bukan kondisi medis. Untuk itu, makna keperawanan sendiri tentu berbeda-beda bagi setiap orang. Secara khusus, tidak ditemukan arti yang menggambarkan apa itu keperawanan.

Akan tetapi, secara umum keperawanan adalah seorang wanita yang belum pernah berhubungan seksual. Dikutip dari Planned Parenthood, keperawanan adalah tanda wanita yang belum pernah melakukan hubungan seksual.

Arti hubungan seksual sendiri bisa bermacam-macam. Ada yang menganggap hubungan seksual terjadi jika penis penetrasi pada vagina. Namun, ada juga yang percaya bahwa hubungan seksual berhubungan dengan aktivitas seperti fingering, masturbasi, atau memasukkan alat (sex toys) ke dalam vagina.

Oleh karena itu, tidak ada pengertian jelas tentang keperawanan dan sangat bersifat ambigu. Tidak ada seseorang yang bisa menguji keperawanan wanita, kecuali seorang wanita itu sendiri.



Simak Video "Kata Penjual soal Kuliner 'Nasi Minyak' Bebek Surabaya yang Lagi Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT