Kasus COVID-19 Ngedrop, India Cabut Aturan Wajib Masker saat Naik Pesawat

ADVERTISEMENT

Kasus COVID-19 Ngedrop, India Cabut Aturan Wajib Masker saat Naik Pesawat

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Selasa, 22 Nov 2022 12:10 WIB
Wide-angle view of a modern aircraft gaining the altitude outside the glass window facade of a contemporary waiting hall with multiple rows of seats and reflections indoors of an airport terminal El Prat in Barcelona
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/skyNext)
Jakarta -

Pemerintah India resmi mencabut aturan wajib masker dalam penerbangan domestik maupun internasional. Adapun keputusan tersebut dibuat usai mempertimbangkan penurunan kasus COVID-19 di India.

Meski tak diwajibkan lagi, Kementerian Penerbangan berkonsultasi dengan Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga India, menyarankan agar penumpang untuk tetap menggunakan masker selama penerbangan.

"Mengingat ancaman yang ditimbulkan oleh COVID-19, semua penumpang sebaiknya menggunakan masker/penutup wajah. Referensi khusus apa pun untuk tindakan denda/hukuman tidak perlu diumumkan sebagai bagian dari pengumuman dalam penerbangan," ucap Kementerian Penerbangan, dikutip dari Hindu Times.

Kementerian Penerbangan juga mengungkap bahwa referensi khusus untuk tindakan denda/penalti tidak perlu diumumkan sebagai bagian dari pengumuman dalam penerbangan. Artinya, para penumpang tak akan dikenakan sanksi dan denda apabila tak mengenakan masker saat bepergian dalam penerbangan.

Sebelumnya, India telah mewajibkan penggunaan masker sesuai pedoman Mei 2020 untuk menekan penyebaran pandemi COVID-19. India juga telah melarang penerbangan komersial selama dua bulan karena timbulnya pandemi COVID-19, dan penerbangan hanya dilanjutkan mulai 25 Mei 2020 dengan pendekatan bertahap.

Awalnya, pemerintah mengizinkan maskapai beroperasi 33 persen dari jadwal penerbangan mereka. Ini secara bertahap ditingkatkan menjadi 100 persen pada Oktober 2021.



Simak Video "Singapura Cabut Aturan Wajib Masker di Ruangan Mulai Pekan Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT