Riwayat Kesehatan Ki Joko Bodo Sebelum Meninggal, Hipertensi-Pembengkakan Kaki

ADVERTISEMENT

Riwayat Kesehatan Ki Joko Bodo Sebelum Meninggal, Hipertensi-Pembengkakan Kaki

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Selasa, 22 Nov 2022 14:21 WIB
Ki Joko Bodo saat ditemui di studio Trans TV.
Ki Joko Bodo. (Foto: Noel/detikFoto)
Jakarta -

Ki Joko Bodo meninggal dunia hari ini, Selasa (22/11/2022) pukul 09.57 WIB di usia 57 tahun. Putrinya, Ayda Prasasti, juga membenarkan kabar kematian dari mantan paranormal tersebut.

"Iya betul. Meninggalnya sekitar jam 09.57 WIB," jelas Ayda yang dikutip dari detikHot, Selasa (22/11/2022).

Sampai saat ini, penyebab kematian dari Ki Joko Bodo masih belum diketahui pasti. Namun, diketahui Ki Joko Bodo memiliki sejumlah riwayat penyakit yang dialami semasa hidupnya.

Hipertensi

Ayda mengungkapkan ayahnya itu memiliki riwayat hipertensi atau tekanan darah tinggi. Namun, Ayda memastikan bahwa penyakit tersebut bukan menjadi penyebab dari kematian ayahnya tersebut.

"Ada [riwayat] darah tinggi. Ayahku memang ada jadwal kontrol di hari Kamis, tapi sudah pergi duluan," tutur Ayda dikutip CNNIndonesia.com, Selasa (22/11).

"Enggak ada (pemicu), memang sudah waktunya. Sudah takdir," tutur Ayda.

Pembengkakan Kaki

Selain hipertensi, pada tahun 2020 Ki Joko Bodo juga sempat mengalami pembengkakan di kedua kakinya. Kondisi itu membuatnya kesulitan untuk berjalan.

Ki Joko Bodo juga menceritakan penyebab pembengkakan pada kedua kakinya itu. Selama kakinya bengkak, ia menggunakan tongkat untuk berjalan.

"Ini sudah lebih dari satu bulan. Dua-duanya bengkak. Kita kan orang meditasi sering," ucap Ki Joko Bodo saat melakoni wawancara pada Desember 2020.

"Ya sakit enggak nggak ya, anggap aja begitu. Nggak jatuh dari kamar mandi siapa yang bilang dari kamar mandi, ini jatuh dari sini ajah (bale rumahnya) dalam beberapa detik ya tiba-tiba ya seperti ini," kata Ki Joko Bodo.

Pernah Divonis Usianya Tinggal 6 Tahun Lagi

Mantan paranormal itu juga mengungkapkan bahwa dirinya pernah divonis usianya tinggal 6 tahun lagi. Namun, Ki Joko Bodo sendiri tidak pernah mengungkapkan penyakitnya.

"Aku pernah masuk rumah sakit Pelabuhan Priok. Divonis dokter umurku hanya 6 tahun lagi. Tapi, nyatanya.... Aku tidak percaya orang, aku percaya Tuhan," ungkapnya kala itu.

Simak Video 'Anak Ceritakan Kronologi Ki Joko Bodo Meninggal Dunia':

[Gambas:Video 20detik]




(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT