Apa Itu Rosacea? Diidap Maia Estianty Sampai Harus Jalani Perawatan Laser

ADVERTISEMENT

Apa Itu Rosacea? Diidap Maia Estianty Sampai Harus Jalani Perawatan Laser

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Sabtu, 26 Nov 2022 07:10 WIB
Maia Estianty
Foto: Instagram @maiaestiantyreal
Jakarta -

Maia Estianty baru-baru ini mengaku mengidap rosacea. Akibat kondisinya itu, ia sampai harus menjalani sejumlah perawatan, seperti laser untuk mengatasinya. Hal ini diketahui dari video yang diunggah di Instagram pribadinya.

"Di umur 36 tahun, gw ternyata baru tau kalo gw kena ROSACEA, yang gak bisa sembuh seumur hidup, kecuali dikendalikan aja," tutur Maia Estianty, dikutip dari Instagramnya.

Dikutip dari Mayo Clinic, rosacea adalah kondisi kulit yang ditandai dengan kulit kemerahan disertai bintik-bintik menyerupai jerawat. Gejala rosacea bisa hilang timbul dan umumnya berlangsung selama beberapa minggu atau beberapa bulan.

Adapun kondisi ini dapat menyerang siapa saja, namun paling rentan dialami oleh wanita kulit putih paruh baya. Sampai saat ini tak ada obat untuk rosacea, tetapi beberapa perawatan dapat mengontrol dan mengurangi tanda dan gejalanya.

Gejala Rosacea

  • Muka memerah atau flushing. Rosacea dapat menyebabkan kemerahan yang terus-menerus di bagian tengah wajah. Tanda kondisi ini mungkin sulit dilihat pada kulit coklat dan hitam.
  • Vena yang terlihat. Pembuluh darah kecil di hidung dan pipi pecah dan menjadi terlihat (vena laba-laba).
  • Benjolan bengkak. Banyak orang dengan rosacea juga mengembangkan jerawat di wajah mereka yang menyerupai jerawat. Benjolan ini terkadang berisi nanah.
  • Sensasi terbakar. Kulit daerah yang terkena mungkin terasa panas dan lembut.
  • Masalah mata. Banyak orang dengan rosacea juga mengalami mata dan kelopak mata yang kering, iritasi, dan bengkak. Ini dikenal sebagai rosacea okular. Pada beberapa orang, gejala mata mendahului gejala kulit.
  • Hidung membesar. Seiring waktu, rosacea dapat menebalkan kulit di hidung sehingga menyebabkan hidung tampak membuncit (rhinophyma). Ini lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.


Simak Video "RSUD Diharapkan Punya Fasilitas Memadai untuk Tangani Pasien Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT