Fakta-fakta Cedera Ligamen, Neymar Sampai Absen Laga Brasil Vs Swiss

ADVERTISEMENT

Fakta-fakta Cedera Ligamen, Neymar Sampai Absen Laga Brasil Vs Swiss

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Sabtu, 26 Nov 2022 11:02 WIB
LUSAIL CITY, QATAR - NOVEMBER 24:   Neymar of Brazil reacts during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group G match between Brazil and Serbia at Lusail Stadium on November 24, 2022 in Lusail City, Qatar. (Photo by Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images)
Neymar cedera (Foto: (Chris Brunskill/Getty Images))
Jakarta -

Pemain timnas Brasil Neymar mengalami cedera usai menghadapi musuhnya, Serbia. Menurutnya dokter timnas Brasil Rodrigo Lasmar, pergelangan kaki kanan Neymar menunjukkan pemain sepakbola itu mengalami cedera ligamen dan tidak akan fit untuk bermain melawan Swiss.

"Sangat penting untuk tetap tenang, evaluasi akan dilakukan setiap hari sehingga kami dapat memiliki lebih banyak informasi dan mengambil keputusan yang paling tepat," kata Lasmar, menambahkan bahwa tujuannya adalah pemulihan Neymar sehingga pada waktu yang tepat, ia bisa bermain di turnamen.

Apa Itu Cedera Ligamen?

Dikutip dari Banner Health, ligamen adalah tali jaringan fibrosa yang kuat dan fleksibel menghubungkan tulang, serta memberikan dukungan pada sendi. Cedera yang terjadi di ligamen biasanya diakibatkan oleh sejumlah faktor, salah satunya adalah perubahan gerakan secara tiba-tiba pada kaki dan lutut saat beraktivitas fisik, atau terbentur benda secara keras.

Gejala Cedera Ligamen

Gejala ligamen robek akan bervariasi tergantung pada tingkat keparahan cedera pada tendon, tetapi mungkin termasuk:

  • Nyeri pada area tersebut, seringkali tiba-tiba dan parah
  • Bunyi letupan atau gertakan yang keras pada saat cedera
  • Pembengkakan pada area cedera
  • Kelonggaran sendi
  • Ketidakmampuan untuk bergerak atau membebani sendi tanpa rasa sakit
  • Kejang pada otot di sekitar cedera

Cedera ligamen bisa sangat menyakitkan mirip dengan patah tulang. Pemeriksaan ke dokter penting dilakukan untuk menghindari sejumlah komplikasi.

NEXT: jenis cedera ligamen yang sering terjadi pada dunia olahraga

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT